Efektivitas alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan penyebaran penyakit menular

Kontrasepsi


Deanfarma.com Seperti yang semua ketahui bahwa fungsi utama dari kontrasepsi adalah mencegah kehamilan dan penyakit menular.

Pada dasarnya kontrasepsi terutama kondom dapat 99 % mencegah kehamilan dan 98 % mencegah penyebaran penyakit menular. 1% dari kegagalan mencegah kehamilan dan 2 % dari kegagalan mencegah penyakit menular ini berasal dari kelalain pengguna alat kontrasepsi tersebut.


Ada pun kelalain yg sering terjadi pada saat penggunaan alat kontrasepsi adalah.

  • pemasangan kondom yang kurang tepat.
  • penggunaan bahan kimia yang dapat merusak kondom saat berhubungan intim, seperti pelicin dan bahan kimia lain.
  • menggunakan kondom yang rusak atau kadaluarsa.
  • melakukan seks oral.
  • Kurangnya kebersihan saat berhubungan badan.

Kontrasepsi baik pill maupun suntik dan alat kontrasepsi lainnya juga mempunyai efektivitas yang sangat tinggi. pada umunya yang membuat mereka seolah sering gagal mencegah kehamilan itu dapat diakibatkan oleh kelalain berbagai pihak baik itu anggota medis yang kurang memberikan penjelasan dan ke tidak pahaman pengguna tersebut.


perlindungan bagi pasien dengan penggunan alat kontrasepsi

Jika alat kontrasepsi baik itu pill maupun suntik dan atau jenis kontrasepsi lainnya tidak berfungsi atau dapat menyebabkan kehamilan yang tidak di inginkan itu termasuk kejahatan medis dan medis yang bersangkutan melakukan tindakan tersebut dapat di tuntut akibat kelalain atau malapraktek.

jika seseorang atau pasien melakukan tindakan operasi vesektomi atau sterilisasi pada pria dan tubaktomi atau sterilisasi pada wanita dan mereka tetap mengalami kehamilan yang tidak di sengaja pasien tersebut dapat menuntut atas ganti rugi terhadap anggota medis yang bersangkutan seperti yang tertulis di dalam 

uu no 23 tahun 1992 pasal 55 ayat 1 tentang kesehatan


Undang undang ini tidak dapat di gunakan apabila kelalain yang di maksud ada pada pasien atau pengguna.


Bahaya berhubungan badan bagi wanita muda

Dalam hubungan seksual orang yang paling dirugikan adalah wanita, apalagi jika melakukannya pada usia muda.

Keadaan dimana organ reproduksinya belum bertumbuh dengan sempurna namun dipaksa untuk bekerja dengan keras dapat mengakibatkan berbagai penyakit, mulai dari kanker genital, rusaknya rahim dan lain sebagainya.

Pada usia rentan seperti ini sangat dianjurkan untuk perempuan tidak melakukan aktivitas seks apapun.


Next Post
No Comment
Add Comment
comment url