5 tanda dasar paru-paru bermasalah atau tidak


Deanfarma.com - Paru-paru adalah contoh  organ yang sangat penting bagi tubuh manusia, karena organ ini adalah alat yang paling berpengaruh bagi mahluk hidup.

Sebab itulah kita harus melindungi organ kita ini supaya tetap bekerja sesuai dengan fungsi nya.


5 tanda dasar paru-paru kamu bermasalah atau tidak

Dalam ulasan kali ini kami akan menjelaskan beberapa tanda atau gejala apakah paru paru kamu aman, bersih, sehat atau bahkan tidak sama sekali. Namun perlu kita ketahui tidak semua penyakit paru-paru dapat ditandai dengan gejala yang sama.  


penyakit kuning

Kanker paru paru yang telah meluas ke pan kreas atau hati bisa menimbulkan penyakit kuning. Penyakit kuning dapat diartikan dengan  kondisi berubah nya warna  sebagian tubuh, seperti kulit dan bagian putih mata menjadi warna agak kuning. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya bilirubin di dalam darah. Bilirubin adalah zat berwarna kuning atau oranye yang dibuat selama pemecahan normal sel darah merah. Jika kanker paru sudah meluas ke hati, pan kreas, atau saluran empedu, dapat menyebabkan kadar bilirubin yang lebih tinggi dari yang seharusnya.

Kulit gatal 

 Tanda masalah paru-paru dari kulit juga terlihat dari sisi kulit gatal. Kulit gatal bisa menjadi tanda lain bahwa kanker paru sudah meluas ke hati. Jika hati terpengaruh maka dapat menyebabkan penumpukan garam dalam empedu yang menciptakan rasa gatal.

Mudah memar 

 Kulit mudah memar dapat menjadi salah satu tanda masalah paru. Tumor tertentu juga dapat menimbulkan sekresi yang sangat banyak hormon adrenokortikotropik yang menaikkan kadar kortisol. Peningkatan kadar ini dapat menyebabkan gejala kulit, seperti kulit yang mudah memar, guratan pada kulit atau stretch mark berwarna ungu yang signifikan, dan wajah merah serta bengkak.

Heliotrope Ruam 

 Ruam heliotrop merupakan ruam warna keunguan cenderung merah di bagian mata akibat derma tomiositis . Para ahli mengatakan, derma tomiositis yang rumit dengan kanker paru paru yang bukan merupakan sel yang kecil tidak jarang dan kanker paru-paru yang parah dapat bertambah dengan cepat.

Papula Gottron 

Salah satu tanda masalah paru  pada kulit adalah papula gatron. Papula gattron merupakan tonjolan kemerahan atau bercak yang timbul pada bagian jari, sendi jari - jari, persendian kaki, bahkan juga lutut. Mirip dengan helio trope ruam, ini juga disebabkan karena derma tomiositis.

Kesimpulan

Perlu kita perhatikan bahwa gejala dan tanda yang kami jelaskan ini hanyalah sebagian kecil dari keadaan yang mengindikasikan penyakit tersebut, tetap saja kita memerlukan pemeriksaan medis untuk mengetahuinya lebih pasti.

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi awal agar sekiranya anda mengalami gejala seperti yang dijelaskan diatas, Anda dapat lebih dini untuk mengetahui, sehingga keadaan anda tidak terlambat ditolong saat keadaan sudah semakin parah.

paru-paru bermasalah
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url