Benarkah obat herbal lebih aman dibandingkan obat kimia ?

obat herbal
Ilustrasi obat herbal dan kimia

Dean farma - surelnews.com - obat adalah senyawa yang diciptakan untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Semua benda yang dapat menyembuhkan atau mengurangi sakit dapat dikatakan sebagai obat.

Benarkah obat herbal lebih aman dibandingkan obat kimia ?


Berdasarkan bahan pembuatannya obat di bedakan menjadi dua bagian besar yaitu : obat herbal dan obat kimia 

Berikut kami jelaskan kedua dari jenis obat tersebut.

Obat herbal

Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan atau herba, yang biasanya di formulasikan menjadi jamu bubuk dan cair.
Obat herbal atau jamu pastinya tidak asing lagi bagi orang indonesia karena khasiatnya yang sudah di percaya dari zaman dulu.

Obat kimia

Obat kimia adalah obat hasil proses kimia atau sintesis yang di formulasikan lebih sederhana dari obat herbal.

Namun sering menjadi perdebatan di masyarakat yang mengatakan bahwa jamu lebih aman dan tanpa efek samping di bandingkan obat kimia.


Perbandingan obat herbal dan obat kimia


Apabila ingin melihat perbandingan antara obat herbal dan obat kimia kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang yaitu :

Perbandingan dari kecepatan di serap tubuh 

obat kimia justru lebih cepat bereaksi karena obat kimia terdiri dari zat aktif yang tidak perlu melalui proses pencernaan, sedangkan obat herbal atau jamu membutuhkan proses pencernaan dilambung sehingga reaksinya dan penerimaan respon tubuh terhadap obat lebih lama.

Perbandingan dari efeksamping

obat herbal dan obat kimia juga tidak terlalu berbeda di mana ginjal, jantung, lambung, dan organ lainnya bekerja, sama kerasnya apabila mengonsumsi obat herbal dan obat kimia.

Perbandingan  dari ketepatan dosis


Penggunaan obat herbal pada umumnya membutuhkan dosis lebih banyak dari obat kimia, sehingga ginjal pun akan tetap bekerja keras untuk mengeluarkannya dari tubuh sama halnya seperti obat kimia. 

Apalagi obat herbal yang di buat atau di ramu sendiri oleh pengonsumsinya dimana tidak adanya pengawasan kebersihan dan aturan dosis justru yang di takutkan dapat memperburuk keadaan penderita.

Kesimpulan

Jadi baik obat herbal dan obat kimia sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis yang ahli.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url