Fakta nutrisi semangka yang harus semua orang ketahui

Fakta nutrisi semangka
dean farma - surelnews.com cittrullus lanatus atau semangka adalah buah besar berbiji kecil dan banyak yang berasal dari daerah afrika selatan.

Namun sekarang semangka dapat dengan mudah kita ketemu di hampir semua daerah di Indonesia, mulai dari desa sampai kota.

Fakta nutrisi semangka yang harus semua orang ketahui


Berikut diterangkan fakta nutrisi semangka dan manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Nutrisi semangka

Nutrisi semangka dalam 100 gram.
  • Kalori : 30 kkal
  • Air : 91 %
  • Protein : 0,6 gram
  • Karbo : 7,6 gram
  • Gula : 6,2 gram
  • Serat : 0,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram
Gliserin indeks ( GI ) : 72 - 80 

Manfaat buah semangka

Buah Yang satu ini memiliki manfaat yang lumayan bai bagi kesehatan sehingga tidak heran apabila semangka menjadi buah yang banyak disukai oleh masyarakat, ditambah harganya yang murah serta mudah untuk didapat karena dapat tumbuh dihampir semua keadaan tanah membuatnya semak8n banyak di minat.

Berikut kami paparan 5 manfaat buah semangka bagi kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Semangka merupakan buah yang tinggi akan kalium dimana dapat mengontrol tekanan darah dan membantu melenturkan pembuluh darah sehingga akan bekerja dengan optimal. Tekanan darah yang terkontrol juga dapat mencegah penyakit kronis seperti jantung, stroke da penyakit kardiovaskuler lainnya.

2. Baik untuk mata

Semangka mengandung betakaroten yang dapat berubah menjadi vitamin A dalam tubuh, seperti yang sudah banyak dibahas bahwa vitamin A adalah vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata, meski kandungan vitamin A dalam semangka tidak setinggi sayuran dan buah lainnya namun semangka dapat dijadikan salah satu referensi buah sehat untuk menjaga mata tetap sehat.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Kulit dan rambut adalah bagian tubuh yang dapat menunjang percaya diri seseorang maka dari itu semangka dapat dijadikan sebagai buah wajib karena Kandungan likopen yang terdapat dalam semangka diperjaya dapat menjadikan kulit dan rambut lebih sehat. 

4. Mengatasi dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi atau kelurangan cairan.

5. Meningkatkan stamina

Semangka memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang lumayan tinggi sehingga dapat meningkatkan stamina dan kebugaran. Buah ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi orang yang diet atau mengurangi konsumsi makan agar gizi dalam tubuh tetap seimbang meski dalam keadaan diet.

Kesimpulan

Meski semangka memiliki banyak khasiat sebaiknya kita mengonsumsinya sesuai porsi dan kebutuhan tubuh karena semangka juga dapat menyebabkan diare dan diabetes apabila mengonsumsinya terlalu banyak, semangka dapat bermanfaat dengan optimal apabila dikonsumsi tidak lebih dari 250 mg / hari.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url