Resistensi antibiotik pada manusia yang perlu diketahui

Resistensi antibiotik

Deanfarma - surelnews.com- Resistensi antibiotik adalah keadaan dimana antibiotik tidak lagi mampu melawan bakteri secara maksimal atau dalam bahasa awam bakteri tersebut telah kebal terhadap antibiotik.

 Resistensi antibiotik pada manusia yang perlu diketahui

Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab penyakit namun tidak selamanya bakteri itu dapat dijangkau oleh antibiotik terutama, dan bakteri yang tidak tertangkap oleh antibiotik inilah yang akan berputar menjadi bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Antibiotik dapat dengan optimal teratasi dengan mengonsumsi antibiotik setidaknya 3 hari namun terkadang berbeda setiap antibiotik, namun masalahnya adalah banyak masyarakat yang menghentikan antibiotik yang telah disiapkan oleh dokter karena gejala penyakitnya sudah hilang padahal bakteri penyebabnya belum mati seutuhnya, hal inilah yang berpotensi membuat bakteri yang pingsan tadi menjadi lebih kuat.

Penjelasan :

Keadaan ini bisa terjadi apabila penggunaan antibiotik secara sembarangan atau tidak terkontrol oleh medis.

Contohnya: saat seseorang demam dokter memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri, karena pasien merasa dirinya sehat dia menghentikan seluruh dari obatnya tanpa menghabiskan obat yang telah diresepkan oleh dokter.

Apabila ini terjadi dan pasien sakit kembali maka jalan satu satunya yang harus dilakukan adalah mengganti jenis antibiotik atau menambah dosis obat pasien tersebut dari dosis sebelumnya.


Orang yang berpotensi besar mengalami resistensi antibiotik

Pasien yang sering resistensi terhadap antibiotik adalah pasien TBC karena ketidak patuhannya meminum obat.

Dan apabila bakteri resisten terhadap semua antibiotik maka bakteri tersebut akan semakin banyak dan tidak terkontrol dan dapat mengakibatkan hal yang fatal.

Maka dari itu jangan sembarangan membeli antibiotik tanpa anjuran profesional.

Contoh antibiotik yang sering disalah  gunakan:

Amocixilin, supertetra, clorampenichol, dan penicillin. 


Kesimpulan

Kepatuhan dan ketelatenan dapat membuat kita hidup menjadi lebih sehat dan sebaliknya apabila kita tidak memperhatikan kepatuhan maka akan banyak kerugian yang menghampiri kita dari belakang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url