Saat haid atau menstruasi berkepanjangan jangan minum obat anti-pendarahan ini alasannya

menstruasi berkepanjangan



Deanfarma - surelnews.com - haid atau menstruasi adalah keadaan dimana endometrium melepaskan sel telur mati yang tidak dibuahi oleh sel sperma. Setiap wanita normal tentunya tidak asing lagi dengan menstruasi atau yang sering disebut haid/datang bulan.

Hal ini adalah peristiwa yang seharusnya rutin dialami setiap wanita dewasa secara biologis.


Durasi normal fase menstruasi terjadi

Meskipun hal ini sudah menjadi rutinitas hampir semua wanita, Banyak di antara mereka yang kurang paham dan kurang peduli terhadap kesehatan reproduksi mereka,  ditambah kurangnya pengetahuan seputar diri mereka sendiri. 

Jangka waktu atau durasi normal wanita mengalami menstruasi adalah 2- 4 hari walau banyak wanita yang bisa haid 7- 14 hari, hal ini yang sering membuat para wanita berpikir untuk meminum obat pemberhenti pendarahan atau anti pendarahan yang sebenarnya dapat merusak alat reproduksi wanita.

Karena sebab itu kita akan bahas mengapa wanita tidak bisa meminum obat anti-pendarahan saat menstruasi terjadi.


Alasan mengapa minum obat pendarahan tidak dianjurkan saat menstruasi berkepanjangan


  1. Darah haid yang keluar saat wanita menstruasi adalah darah yang dilepaskan oleh tubuh yang tujuannya memang untuk di keluarkan. Karena adanya regenerasi darah baru di dinding rahim.
  2. Jika darah yang seharusnya di keluarkan namun harus dihentikan dengan paksa menggunakan obat justru darah yang seharusnya keluar dapat mengalami pembusukan.
  3. Jika darah yang seharusnya dikeluarkan mengalami pembusukan ini justru dapat membuat penyakit baru dalam tubuh,  diantaranya: kanker rahim, penyumbatan mulut rahim, serta dapat mengeluarkan bau busuk dari vagina.

Yang harus dilakukan saat menstruasi terjadi


  • mengolah stres agar haid kamu lancar di hari pertama dan kedua.
  • Jika hal ini sering terjadi kepada kamu, sebaiknya kamu mengantisipasi dengan meminum obat pelancar haid 2-3 hari sebelum periode haid kamu terjadi.
  • Memakan makanan sehat yang rendah lemak dan garam, untuk mengurangi pengumpulan darah berlebih supaya darah lebih mudah keluar.
  • Puasa selama 7 hari sebelum haid, menurut penelitian puasa sebelum terjadinya haid akan memperlancar haid.
  • Dan tetap meminum obat penambah darah agar kamu tetap kuat menjalaninya.

Kesimpulan

Menstruasi adalah keadaan normal yang harus dibangkitkan oleh setiap wanita, namun apabila sekiranya ada yang janggal dalam fase menstruasi anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter andalan anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url