Kandungan dan 16 manfaat bawang putih menurut ahli pharmasi dunia.

bawang putih


Dean farma - surelnews.com -Berikut adalah bagan nutrisi untuk 100 gram bawang putih mentah. Perhatikan bahwa 1 siung bawang putih berukuran sedang hingga besar masing-masing memiliki berat antara 3-8 gram.

Kandungan dan 16 manfaat bawang putih menurut ahli pharmasi dunia.


Jumlah per 100g bawang putih mentah Persentase asupan harian yang direkomendasikan
Kalori 149 7%
Karbohidrat 33,1g 11%
Serat 2,1g 8%
Lemak 0,5g 1%
Protein 6.4g 13%
Vitamin B6 1,2 mg 62%
Vitamin C 31,2 mg 52%
Tiamin 0,2 mg 13%
Riboflavin 0,1 mg 6%
Juga mengandung vitamin A, E, K, Niasin, Folat, Asam Pantotenat dan Kolin
Mangan 1,7 mg 84%
Selenium 14,2mcg 20%
Kalsium 181mg 18%
Tembaga 0,3 mg 15%
Fosfor 153mg 15%
Kalium 401mg 11%
Besi 1,7 mg 9%
Juga mengandung Zinc, Magnesium dan sodium


Manfaat Kesehatan dari Makan Bawang Putih (Lahsun ) adalah :

1. Menangkal Batuk dan Pilek

Bawang putih mentah berpotensi menangkal infeksi batuk dan pilek. Makan dua siung bawang putih yang dihancurkan saat perut kosong memiliki manfaat maksimal. Untuk anak-anak dan bayi, menggantung siung bawang putih dengan benang di leher mereka dianggap dapat meredakan gejala hidung tersumbat

2. Baik untuk Kesehatan Jantung


Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih menghentikan oksidasi LDL (kolesterol jahat). Ini mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi kejadian pembekuan darah dan dengan demikian membantu mencegah tromboemboli. Bawang putih juga menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi. Baca lebih lanjut tentang Cara mengontrol tekanan darah tinggi .

3. Meningkatkan Fungsi Otak


Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Ini efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Juga, baca lebih lanjut tentang makanan otak terbaik untuk dimasukkan ke dalam diet Anda .

4. Meningkatkan Pencernaan

Masalah pencernaan membaik dengan dimasukkannya bawang putih mentah ke dalam makanan. Ini bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan. Makan bawang putih mentah membantu membersihkan cacing usus. Hal baiknya adalah ia menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

5. Menyeimbangkan Gula Darah

Mereka yang menderita diabetes mengamati kadar gula darahnya yang mengatur konsumsi bawang putih mentah.

6. Meningkatkan Imunitas

Bawang putih melindungi terhadap radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Seng dalam bawang putih meningkatkan kekebalan. Vitamin C membantu melawan infeksi. Ini sangat bermanfaat melawan infeksi mata dan telinga karena memiliki sifat antimikroba.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang putih membantu mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam, dan lepuh semuanya bisa mendapat manfaat dari penerapan jus bawang putih. Ini juga melindungi terhadap sinar UV dan karenanya mencegah penuaan.8. Mencegah Kanker dan Tukak Lambung
Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, bawang putih melindungi tubuh dari kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, lambung, hati, dan usus besar. Tindakan antibakteri bawang putih mencegah tukak lambung karena menghilangkan penularan dari usus.

9. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Bawang putih mengurangi ekspresi gen yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel adiposa yang menyimpan lemak. Ini juga meningkatkan thermogenesis dalam tubuh dan menyebabkan pembakaran lebih banyak lemak dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Selain baik untuk menurunkan berat badan, bawang putih juga sangat bergizi. Padahal, satu siung bawang putih mentah yang beratnya sekitar 3 gram mengandung:

Mangan
Vitamin B6
Vitamin C
Selenium
Serat
Jumlah kalsium, tembaga, kalium, besi, dll. 


10. Dapat Meningkatkan Performa Atletik

Bawang putih dianggap sebagai salah satu zat "peningkat kinerja" terbaik. Pada zaman dahulu, barang tersebut digunakan untuk mengobati kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja para buruh. Studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih membantu meningkatkan kinerja olahraga. Orang yang menderita penyakit jantung mengonsumsi bawang putih selama 6 minggu dan ini menghasilkan penurunan detak jantung sebesar 12% dan kapasitas olahraga yang lebih baik.

11. Ginjal

Jus bawang putih segar berpotensi menekan pertumbuhan bakteri E. Coli penyebab infeksi saluran kemih (ISK). Ini juga membantu mencegah infeksi ginjal.

Bawang putih mengurangi infeksi pada luka, meningkatkan pertumbuhan rambut, kesehatan tulang dan kesehatan hati. Sebagian besar pengobatan rumahan hanya efektif jika bawang putih dikonsumsi mentah.

12. Mengurangi Kelelahan Latihan

Menurut penelitian dari Jepang, bawang putih mentah saat didiamkan dalam campuran air dan alkohol mungkin memiliki efek signifikan pada daya tahan olahraga. Penelitian pada manusia juga telah dilakukan yang menunjukkan bahwa bawang putih memang dapat memperbaiki gejala kelelahan akibat olahraga. 

13. Mengurangi Toksisitas Darah

Bagi orang yang rentan terhadap keracunan timbal karena bahaya pekerjaan, bawang putih mungkin merupakan solusi organik terbaik. Studi yang dilakukan pada tahun 2012 telah mengungkapkan bahwa bawang putih sebenarnya lebih aman dan lebih baik dalam mengurangi keracunan timbal pada darah daripada d-Penicillamine, yang merupakan obat umum yang digunakan untuk mengobati hal yang sama.

14. Mengatasi Kekurangan Estrogen

Masa menopause untuk wanita yang lebih tua sering dikaitkan dengan kekurangan hormon wanita yang dikenal sebagai estrogen karena produksi protein yang tidak teratur yang dikenal sebagai sitokin. Konsumsi bawang putih telah terlihat mengatur hal ini sampai batas tertentu dan oleh karena itu, mungkin efektif dalam mengatasi defisiensi estrogen setelah menopause.

15. Mengurangi Efek atau Timbulnya Osteoarthritis

Mengkonsumsi bawang putih dalam diet biasa Anda juga dapat membantu mencegah atau mengurangi timbulnya osteoarthritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengandung senyawa yang dikenal sebagai dialil disulfida yang membantu menjaga kepadatan tulang dan karenanya berpotensi menunda timbulnya penyakit terkait tulang seperti osteoarthritis.

16. Mencegah Penyumbatan Jantung

Bawang putih juga dipercaya dapat membantu mengurangi lengketnya trombosit dalam darah Anda. Trombosit ini bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Mengkonsumsi bawang putih dalam dosis yang sehat dapat membantu mengurangi efek pembekuan berlebihan dari trombosit pada darah. Oleh karena itu, ini dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang tidak perlu di dalam arteri yang dapat mencapai jantung Anda yang menyebabkan serangan jantung.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url