Kandungan dan manfaat sawi pahit bagi kesehatan tubuh info berdasarkan ilmiah

sawi pahit


Dean farma - surelnews.com 
sawi pahit adalah tumbuhan tinggi nutrisi yang banyak tidak disukai anak-anak. Tanaman sawi paling terkenal dengan bijinya yang kecil dan kekuningan yang menghasilkan salah satu bumbu paling populer di Bumi, mustard. Namun selama berabad-abad, berbagai budaya telah menggunakan daun hijau tanaman untuk tujuan makanan dan kesehatan.

Kandungan dan manfaat sawi pahit


  1. antiseptik dan desinfektan untuk menyembuhkan luka.
  2. diuretik untuk mendukung fungsi ginjal
  3. Agen detoksifikasi untuk memurnikan dan memperkuat darah
  4. pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan
  5. Penelitian modern mendukung kandungan nutrisi sawi yang kaya—mereka memiliki lebih banyak vitamin A daripada bayam dan lebih banyak vitamin C daripada jeruk.
  6. Meskipun penelitian tidak mengakui semua kegunaan tradisionalnya, mereka menyarankan agar sayuran hijau dapat membawa sejumlah manfaat kesehatan.

Saat ini, ada banyak varietas sawi yang tersedia yang menambah rasa pahit dan pedas pada makanan apa pun. Anda bisa memakannya mentah, direbus, dikukus, atau digoreng. Sangat mudah untuk menambahkan sawi ke dalam makanan Anda. 


Pemahaman lebih lanjut


Sawi adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat. Satu porsi mengandung hampir setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda . Vitamin C berkontribusi pada pertahanan sistem kekebalan tubuh Anda , jadi penting untuk mencukupinya sepanjang hari.

Sayuran sawi yang dimasak juga dapat memenuhi seluruh kebutuhan vitamin A harian Anda . Vitamin ini mendukung banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan jantung , paru-paru , dan ginjal yang baik 

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis


Sayuran sawi mengandung berbagai fitonutrien yang kuat . Antioksidan nabati ini melindungi sel Anda dari stres dan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terakumulasi oleh tubuh kita dari penuaan, lingkungan, dan perilaku gaya hidup.

Seiring waktu, kerusakan sel ini dikaitkan dengan radang sendi , gangguan autoimun , masalah jantung , dan penurunan kognitif . Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dapat meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko banyak penyakit kronis .

Dapat mencegah pertumbuhan  tumor

Seperti sayuran silangan lainnya , sawi juga mengandung glukosinolat , nutrisi yang memberi rasa pahit pada tanaman. Selain aktivitas antioksidannya, penelitian menunjukkan glukosinolat dapat melawan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor , tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari efek ini.


Mendukung Fungsi Jantung


Studi menunjukkan bahwa asupan harian sayuran berdaun hijau seperti sawi secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung Anda . Mereka juga mengandung nutrisi yang membantu menurunkan kadar kolesterol — efek yang sangat kuat saat Anda memasak sayuran hijau — menjaga arteri Anda bersih dari penumpukan yang menyebabkan masalah  dan stroke . 

Satu porsi sawi juga mengandung vitamin K sepanjang hari . Nutrisi ini membantu tubuh Anda membekukan darah dan fungsi jantung Anda.

Mejaga Tulang Lebih Baik


Selain perannya dalam kesehatan jantung, vitamin K membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko kelainan mineral tulang dan osteoporosis yang lebih tinggi .

Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin K dalam diet Anda dapat meningkatkan kekuatan tulang dan melindungi dari patah tulang . Ini juga membantu mencegah masalah yang terkait dengan osteoporosis, seperti menghalangi penumpukan kalsium di arteri, menyebabkannya mengeras .

Menjaga Kesehatan Mata


Di antara profil antioksidannya, sawi mengandung lutein dan zeaxanthin . Penelitian menunjukkan bahwa kedua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat mencegah kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia .

Memperbaiki Fungsi otak


Sementara penelitian sedang berlangsung, penelitian menunjukkan bahwa lutein juga dapat bermanfaat bagi jaringan otak. Efek ini dapat mendukung kinerja kognitif yang lebih baik dan mengurangi risiko penurunan mental .

Tinggi antioksidan

Sayuran sawi mengandung banyak antioksidan penambah kesehatan seperti beta karoten , yang dapat melindungi kulit Anda dan menurunkan faktor risiko diabetes . Sayuran hijau juga merupakan sumber yang bagus untuk beberapa vitamin B, termasuk tiamin (B1,) niasin (B3,) dan piridoksin (B6.) 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url