cara menghilangkan ketombe dengan cara yang realistis serta mudah dilakuakan

menghilangkan ketombe

Dean farma - cara menghilangkan ketombe di kepala sebenarnya sangatlah mudah namun orang – orang terkadang memilih hal yang rumit dan merepotkan karena tergiur bintang iklan sebuah produk anti ketombe.


cara menghilangkan ketombe dengan cara yang realistis

ketombe adalah penyakit yang di sebabkan oleh berkembangnya jamur secara berlebihan di kepala lalu kemudian mengering dan menjadi ketombe, ketombe ini dapat di bagi ke dalam beberapa jenis menurut penyebabnya yaitu :


1. ketombe karena autoimun 

hal ini dapat dengan mudah di ketahui, apabila ketombe di kepala sangat banyak serta payah di hilangkan ( menahun ) kemungkinan besar itu dapat di kategorikan sebagai autoimun.


2. ketombe karena alergi dan jamur jumlahnya dapat di katakan dalam jumlah yang sedikit.

penanganan pada kedua keluhan ini memiliki sedikit perbedaan di mana autoimun harus di kendalikan dengan obat sejenisnya contoh :

metilprednisolone, prednisone, desametason dan lain sebagainya.

penanganan ketombe yg di sebabkan jamur dan alergi dapat di obati dengan anti jamur, seperti :

ketokonazole, miconazole, griseofulvin dan lain – lain.

Selain cara di atas kita juga akan membahas cara menghilangkan ketombe dengan metode alami tanpa obat yang pastinya akan lebih efektif karena menghentikan paktor penyebab utamanya.


1. Menghindari makanan yang berpotensi memperparah alergi.

jika kamu alergi terhadap sesuatu makanan sebaiknya kamu segera menghentikannya agar tidak menimbulkan efek yang lebih berbahaya. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ketombe juga dapat disebabkan oleh auto-imun dan alergi.


2. menghentikan penggunaan shampo

pada penderita yang mengalami kepala berketombe shampo sebenarnya hanya akan merusak permukaan kulit kepala karena menyebabkan iritasi. Kandungan Detergen pada shampo ini berpotensi merusak ph kepala. Saat detergen mengenai kulit kepala yang berminyak akan mengalami kekeringan sementara dan justru dapat memproduksi minyak kepala lebih banyak.

di sarankan untuk Anda membersihkan kepala dengan air bersih saja serta mengonsumsi obat yang telah disarankan.


3. Membersihkan kepala dengan air bersih 1 kali sehari

bagi penderita ketombe dan kepala berminyak memang di sarankan mencuci kepala lebih sering di bandingkan mereka yang memiliki kulit kepala normal, hal ini bertujuan supaya bau apek yg di timbulkan oleh bersatu ya keringat, minyak kepala dan ketombe tidak tercium.


4. Menggunakan minyak rambut.

saat ketombe muncul kepala akan memproduksi minyak yang berfungsi sebagai antibody agar menghambat pertumbuhan ketombe sehingga di sarankan untuk memakai minyak rambut. Namun apabila terlalu lama rambut tidak di bersihkan dalam keadaan berminyak justru dapat menimbulkan pertumbuhan jamur di kepala.


Kesimpulan

Menghentikan pertumbuhan jamur juga dapat dilakukan dengan menjaga kelembapan kepala, kita harus memastikan kepala kita  tetap bersih dan kering serta terhindar dari sinar matahari langsung. Karena jamur akan lebih cepat berkembang didalam kulit kepala yang berminyak dan jarang dicuci.
Kulit kepala dan rambut adalah salah satu bagian tubuh yang cara merawatnya cukup mudah, tidak perlu melakukan treatmen rumit agar kepala tetap sehat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url