3 legenda yang mirip dengan malin kundang, ada milik negara tetangga

malin kundang

Dean farma -
  legenda malin kundang adalah sebuah cerita rakyat yang berasal dari sumatera barat di mana mengisahkan perselisihan antara ibu dan anak rantau sukses durhaka yang berpura-pura tidak mengenal ibunya yang miskin saat mereka di perjumpakan kembali. Dalam kisah ini ibu yang merasa di lupakan dan tidak di anggap itu pun mengutuk puteranya tersebut menjadi batu bersujud.

namun tahukah kamu bahwa legenda ini juga memiliki cerita fersi lain dari beberapa daerah ?


3 legenda yang mirip dengan malin kundang

Walau malin kundang lebih vamiliar dan banyak di kenal oleh masyarakat tapi ternyata cerita ini juga memiliki fersi lain dengan latar belakang yang sama dari pulau sumatera bahkan negara tetangga.

namun ini tidak mengherankan karena dulu sumatera adalah wilayah yang memiliki daratan yang sama di mana daerah ini di duduki oleh suku melayu.

hal ini bisa saja terjadi karena memang sumatera dan malaysia adalah satu garis perdagangan.


Baca juga : Orang kristen bukan nasrani serta ayat rujukannya dalam alkitan


1. Sitanggang

sitanggang adalah cerita rakyat yang memiliki kemiripan dengan legenda malin kudang yang berasal dari negara tetannga yaitu malaysia, dari kisahnya sampai alur ceritanya pun sama hanya memiliki perbedaan di penamaan tokohnya saja.


2. Sampuraga

sampuraga adalań• cerita rakyat mandailing natal yang mirip dengan kisah simalin kundang, kisah sampuraga sudah melekat dalam budaya mandailing sejak lama meski nyatanya tidak sepopuler malin kundang.


3. Simardan

simardan adalah anak durhaka dalam cerita rakyat batak toba yang memiliki kesamaan cerita dengan malin kundang,

cerita simarda sangat familiar di pikiran orang batak terutama di daerah toba , samosir, tapanuli.utara dan humbang hasundutan. Bahkan karena cerita tersebut setiap anak yang bandal, dan suka melawan orang tuanya akan di juluki dengan nama simardan.


Kesimpulan

Jadikanlah dirimu lebih baik karena hal yang baik belum tentu dikenang oleh orang lain tapi hal buruk yang kita perbuat pasti akan meninggalkan bekas luka yang akan dikenang selamanya bahkan jika suatu saat bekas luka itu sudah tidak terlihat lagi, cerita buruk tentang kita mungkin sudah tersebar. Malin kundang adalah lambang luka dan sakit yang tidak akan pernah hilang. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url