8 suku asli sumatera utara yang ada sampai sekarang

Suku asli

Dean farma -
 sumatera uatara adalah wilayah di indonesia yang memiliki banyak suku asli, meski di kenal dengan suku bataknya yang sangat luar biasa ternyata wilayah ini juga memiliki dua suku asli yang bukan batak.

8 suku asli sumatera utara

suku di sumatera utara terdiri dari 3 penbagian suku utama yaitu : melayu, batak dan nias.


untuk informasi lebih lengkap kita akan membahasnya secara lebih rinci.


Bac juga : kitab deuterokanonika atau ekstrakanonika yang ada dalam alkitab


a. Melayu

melayu yang ada di sumatera utara pada umumnya adalah melayu deli di mana mereka menempati wilayah kesultalan deli yang berada di daerah medan dan sekitarnya.


b. Batak

batak sendiri terdiri dari 6 sub suku etnis meski terkadang ada beberapa kelimpok yang menyangkal bahwa mereka bukan batak yaitu :


1. Mandailing

mandailing adalah suku batak yang berada di wilayah mandailing natal menurut sejarah mandailing adalah keturunan batak toba yang bermigrasi ke daerah medan dan sekitarnya untuk merantau. Maka tidak heran apabila suku mandailing lebih mirip dengan suku toba mulai dari bahasa, pakaian , dan tatanan pernikahnnya.


2. Angkola

angkola adalah salah satu sub etnik batak yang banyak di jumpai di tapanuli selatan dan tapanuli tengah, batak angkola memiliki banyak kesamaan dengan batak toba terutama dalam bahasa yang digunakannya hanya saja logat batak angkola sedikit lebih mirip dengan logat melayu.


3. Simalungun

simalungun adalah suku etnik batak yang mendiami wilayah tapanui tengah, simalungun dan siantar. Sebagain besar kebudayaan simalungun memiliki kesamaan yang cukup terasa dengan batak toba, namun batak simalungun identik dengan bahasanya yang lembut dan mendayun sedangkan batak toba terkenal dengan khasnya yang kuat dan keras. 


4. Toba

toba adalah suku etnis batak yang berada di wilayah samosir, humbang hasundutan, tapanuli utara, siantar dan sebagian wilayah dairi, menurut sejarah batak toba adalah salah satu  suku tertua di sumatera utara. Tokoh batak toba yang terkenal adalah sisingamangaraja yang saat ini bahkan telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. 


5. Pakpak

pakpak adalah salah satu suku batak terkecil yang mendiami sebagian wilayah humbang hasundutan , barus dan dairi sehingga membuat sebagian batak pakpak mirip toba dan sebagian lagi mirip batak karo.


6. Karo

karo adalah suku etnik batak yang mendiami wilayah sidingkalang, karo, dairi dan barus, dari sekian banyaknya suku batak ternyata batak karo adalah batak yang paling jelas Perbedaannya dibandingkan sub batak lainnya.

Namun dari segi budaya dan struktur sosialnya justru batak karo lebih mirip dengan batak toba hanya saja yang membedakan mereka adalah bahasanya yang cukup mencolok.


c. Nias

nias adalah salah satu suku di sumatra utara yang menempati kepulauan terluar sumatera utara yang biasa disebut pulau nias. Meski secara hukum negara nias berada dalam wilayah sumatera utara ternyata secara geografis pulau nias lebih dekat dengan pulau sumatera barat, bahkan sebagian suku nias dipercaya terdapat dalam pulau sumatera utara yaitu suku mentawai, karena dari budaya merek memiliki kemiripan.

demikian kami jelaskan beberapa suku asli yang ada di sumatera utara semoga bermanfaat.

dan apabila memilikii kesalahan mohon di maklumi karena manusia tempatnya salah dan khilaf. Sekian dan terimah kasih


Kesimpulan

Meski terdapat dalam satu pulau ternyata sumatera utara memiliki banyak keragaman, bahkan perbedaan yang cukup menonjol terlihat sangat jelas dari struktur sosial mereka.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url