Cara melihat tahu yang mengandung formalin atau tidak

Mengandung formalin

Dean farma-
 formalin adalah suatu senyawa kimia yang berfungsi untuk mengawetkan mayat atau bangkai hewan. Namu sering kali para pedagang bermain nakal agar produksi mereka bertahan lama.

Tidak terkecuali tahu juga sering menjadi korban kerakusan pedagang, seperti yang kita ketahui tahu adalah makanan yang terbuat dari bahan organik yang pastinya midah mengalami pembusukan.

maka dari itu kami akan coba memberikan referensi kepada anda agar anda bisa melihat dan membandingkan tahu yang di pakaikan formalin.


Cara melihat tahu yang mengandung formalin

sebenarnya melihat dan mengenali tahu yang layak di konsumsi atau tidak sangat lah muda karena kita cukup mengamati tekstur dan visualnya saja tanpa harus menggunakan test laboratorium.

berikut kami jelaskan satu persati secara rinci agar lebih mudah untuk anda pahami


1. Tidak lengket saat di goreng di wajan kotor.

tahu yang mengandung formalin saat di goreng dalam wajan kotor dengan minyak tidak akan lengket, ini di sebabkan karena tahu yang pakai formalin memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah pecah.


2. Terlihat keras

tahu yang memakai formalin dapat dilihat saat di pegang, apabila tahu tidak bergoyang seperti jeli dapat di pastikan tahu tersebut menggunakan formalin.


3. Memiliki ronga – rongga

apabila tahu mengandung formalim maka tahu tersebut memiliki rongga – rongga karena formalim akan berusaha mengeluarkan oksigen dari dalam tahu, ini adalah cara kerja formalin.


4. Tidak mudah rusak atau busuk

Dalam suhu ruang tidak mengalami kerusakan meski lebih dari 1 hari di biarkan begitu saja, tahu yang layak konsumsi serta dipastikan bebas dari formalin adalah tahu yang beraroma khas kedelai rebus.

Makanan organik yang tinggi air seperti tahu, daging, ikan apabila tidak menunjukkan kerusakan dalam kurun waktu minimal satu hari dipastikan makanan tersebut mengandung pengawet kimia semacam pormalin.


5. Berbentuk seperti gumpalan

tahu yang baik akan menyatu padat dengan sempurna seperti agar agar namun berstektur lebih lembut ,tahu yang yang mengandung formalim akan berbentuk seperti bulat – bulatan kecil yang di satukan sehingga mirip seperti busa pada barang elektronik.


Kesimpulan

Tahu adalah makanan berbahan organik yang tentunya mudah busuk, sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam mengolahnya.
Selain memperhatikan kualitas luarnya kita juga harus memastikan tahu yang kita konsumsi harus berbahan yang aman untuk tubuh.

Karena makanan mudah busuk seperti ini rentan dimanipulasi oleh pedagang agar mereka tetap untung banyak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url