cara mengonsumsi tomat yang benar bukan di jus

Mengonsumsi tomat


Dean farma -
 tomat adalah salah satu buah yang di klasifikasikan kedalam golongan sayur, semua orang mungkin sudah mengenal tanaman tomat yang kaya akan nutrisi dan manfaat.

namun tahu kah kamu bahwa ada cara yang tepat mengonsumsi tomat ?

berdasarkan penelitian ternyata tomat baiknya di konsumsi bukan di makan langsung atau di jus terlebih dahulu karena tomat memiliki kandungan lycopen yang harus di panaskan agar dapat actif setelah di konsumsi.


cara mengonsumsi tomat yang benar


Berdasarkan pembahasan di atas maka untuk itu kami akan menjelaskan beberapa cara yang tepat untuk mengonsumsi tomat yang baik dan benar.


1. Membakar tomat

cara yang pertama adalah dengan membakar tomat utuh kedalam api atau open menggunakan aluminium voil. Kemudian dapat dikonsumsi langsung setelah dibakar atau ditambahkan dengan beberapa makanan utama sebagai toping, contohnya sphageti dan pizza.


2. Merebus tomat

sama halnya dengan di bakar merebus tomat juga dapat mengaktifkan zat nutrisi yang ada di dalamnya sehingga manfaatnya akan lebih optimal.

Merebus tomat tidak akan menghilangkan kadar nutrisi didalamnya secara signifikan, karena tomat memang dirancang untuk dimasak.


3. Merendam tomat dengan air panas

jika anda lebih suka mengonsumsi tomat dengan cara di jus sebaiknya anda terlebih dahulu merendamnya dengan air panas selama 5 menit baru kemudian di blender dan di konsumsi.


Baca juga : cara menghilangkan rasa pahit yang ada dalam sawi pahit


4. Menambahkan tomat kedalam masakan

Menambahkan tomat kedalam masakan akan menjadi cara yang lebih simple unyuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna contohnya menjadikannya sambal, saos dan lain sebagainya.

Menambahkan tomat kedalam tumisan sayur juga  akan memberikan cita rasa umami yang lebih enak dibandingkan memberikan penyedap rasa dalam kemasan, selain lebih hemat tentunya juga akan lebih sehat, dan alami.

5. Jangan menambahkan gula

tomat termasuk salah satu buah yang tinggi akan kalori dan gula sehingga apabila menambahkan gula saat mengonsumsinya hanya akan mengurangi khasiat dan manfaatnya.


Kesimpulan

Terkadang salah mengolah makanan dapat menjadikan makanan tersebut kehilangan khasiatnya, bahkan makanan tertentu justru dapat mberikan efek yang negatif terhadap tubuh apabila salah mengolah.

Selain itu tomat juga termasuk buah yang dapat memberikan rasa gurih alami karena mengandung glutamat sama halnya pada penyedap rasa dalam kemasan, sehingga kita tidak perlu menambahkan garam terlalu banyak kedalam masakan kità

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url