konsep surga neraka bagi kristen katolik dan protestan

Konsep surga

Dean farma -
 konsep surga neraka bagi kristen , setiap kepercayaan pasti memiliki ajaran yang menyakinkan setiap pemeluknya untuk percaya akan akhir di mana dia setelah meninggal dunia.

konsep surga neraka bagi kristen katolik dan protestan

dalam kekristenan sendiri baik protestan dan katolik memiliki konsep surga dan neraka yang berbeda, maka dari itu kami akan mencoba membahas hal tersebut.


A. Gereja kristen Katolik

gereja katolik mewajibkan keluarga dari setiap oranh yang sudah meninggal untuk mendoakan arwah keluarga mereka, supaya mendapatkan kemurahan dan belas kasih tuhan agar arwah tersebut di bebaskan dari api penyucian

dalam ajaran resmi katolik saat umat meninggal dunia akan di bagi kedalam 3 bagian yaitu :


1. Orang suci tanpa dosa

Gereja katolik mempercayai bahwa hanya orang yang benar benar suci tanpa dosa yang mampu masuk kesurga tanpa proses penghakiman, contohnya bunda maria atau bunda tuhan yesus, para santa santo yang sudah di berikan gelar orang suci oleh paus serta sudah melalui penelitian dan di nyakini hidup mereka bermanfaat bagi orang banyak semasa mereka masih hidup serta pernah minimal sekali malakulan mukzijat.


2. Api penyucian

api penyucian adalah tempat di mana orang orang berdosa di hakimi akan masuk surga atau neraka, orang yang masuk dalam api penyucian adalah orang yang semasa hidup mempunyai dosa dan kebaikan serta tuhan berkenan memberikan kesempatan bagi mereka untuk dihakimi dan di sucikan sehingga layak masuk dalam surga.

namun orang yang sudah di hakimi dan masih tidak bertobat dan tidak mengakui dosanya akan di masukkan kedalam neraka.


3. Neraka

neraka adalah tempat di mana orang yang pernah melakukan dosa berat sepeti menghujat roh kudus, menyesatkan orang lain. Akan di masukkan langsung kedalam neraka tapa melalui proses penghakiman.


B. Gereja kristen protestan

di dalam gereja protestan hanya mempercayai surga dan neraka di mana orang yang tanpa dosa akan masuk kedalam surga dan orang berdosa yang tidak sempat bertobat akan secara otomatis masuk kedalam neraka. Bagi gereja protestan orang mati tidak dapat di doakan karena mereka akan di hakimi menurut perbuatannya

Hal ini sering menimbulkan kerancuan karena apabila orang berdosa akan segera dimasukkan keneraka setelah meninggal dan orang yang suci atau tidak berdosa akan langsung dimasukkan ke sorga.


pertanyaannya adakah manusia dimuka bumi yang tidak memiliki dosa sama sekali ?

Jika semua manusia hidup dengan dosa secara otomatis maka semua orang akan masuk neraka.

Trus pertanyaan berikutnya, kalau semua manusia akan masuk kedalam neraka untuk apa sorga diciptakan ?


Kesimpulan 

Perbedaan penafsiran agama terhadap suatu ajaran memang tidak akan pernah menemukan titik temu.
Konsep semacam ini sering membuat orang yang tidak percaya akan adanya tuhan semakin yakin bahwasanya tuhan itu benar-benar tidak ada.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url