Mengapa yesus berdoa ? IA kan Tuhan !

Yesus berdoa

Dean farma -  Banyak pertanyaan semacam ini yang sering di lontarkan kepada orang kristen oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab, entah mereka penasaran sehingga ingin tahu atau hanya sekedar membuat keributan.

mereka sering memperdebatkan hal yang seharusnya mereka perdebatkan, maka dari itu sebagao orang krosten kami ingin meluruskan alasan mengapa sebenarnya yesus berdoa.


Mengapa yesus berdoa ?


dalam alkitab sendiri yesus beberapa kali berdoa, hal inilah yang sering di pertentangkan oleh kaum berkepala keras yang tidak akan pernah berhenti mempertanyakan hala yang sama meski sudah beberapa kali di jawab.

Ayat yang sering di pertanyakan adalah sebagai berikut :


Matius 14:22-24 (TB)

22.Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang.

23.Dan setelah orang banyak itu di suruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.

24.Perahu murid-murid-Nya sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal.


Matius 26:36-41 (TB)

36.Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa.

37″Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar,

38.lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.

39.”Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.

40.”Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?

41.Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”


penjelasan :

dalam ayat ini yesus ingin mengajarka kepada muritnya agar tetap berjaga- jaga dan tidak lengah karena yesus sendiri sudah mengetahui bahwa waktunya akan segera tiba untuk di serahkan.

Pada ayat yang ke 39 yesus berdoa dan bersujud dalam ayat ini yesus ingin memberikan pegertian dia bahwa satu-satunya hal yang bisa di lakukan manusia saat dalam pencobaan adalah berserah diri.


Lukas 3:21-22 (TB)

21.Ketika seluruh orang banyak itu telah di baptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit

22.dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”


Penjelasan :

dalam ayat ini yesus berdoa agar langit terbuka dan terbuka pulalah hati yang melihatnya sehingga orang yang melihat peristiwa itu percaya bahwa dia lah mesiah yang di nantikan itu.


Kepada siapa Yesus berdoa ?

Perlu kita tahu bahwa yesus sebagai anak memiliki hakekat sebagai manusiaa dan dia menempatkan dirinya sebagai mana manusia pada umunya. Yesus dalam doanya sebenarnya bukan hanya sekedar berdoa kepada bapanya namun ia hendak mengajarkan hal apa saja yang harus di lakukan dan yang akan di ajarkan oleh para muridnya setelah yesus tidak ada lagi di bumi.

Salah satu alasan yesus berdoa adalah untuk mengajarkan para muridnya untuk selalu rendah hati, sebagai mana yesus yang rendah hati.


Kesimpulan

Rendahkanlah hatimu tanpa merendahkan harga dirimu seperti yesus yang rendah hati namun tinggilah dirinya. 
Jadilah seperti yesus yang meski merendahkan hati tapi masuk kedalam sorga tanpa dosa.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url