10 fakta mengenai kuda yang mungkin kamu harus ketahui saat ini

Mengenai kuda


Dean farma -
 10 fakta kuda adalah hewan yang memiliki salah satu kegiatan yang di masukkan kedalam cabang olahraga, dan dianggap sebagai hewan yang bersosial tinggi karena mereka membutuhkan kuda lain agar tetap bisa bahagia dan beraktifitas seperti biasanya.

10 fakta mengenai kuda

berikut kami berikan kepada anda 10 fakta mengenai kuda yang harus dan wajib kamu ketahui.


1. Kuda tidak bisa bernafas dengan mulut

meski kuda memiliki paru-paru seperti mamalia lainnya tapi ternyata kuda tidak bisa menarik dan mengeluarkan nafas dati mulutnya.


2. Kuda tidur sambil berdiri

kuda memiliki organ pendukung yang bernama “stay-aparatus” yaitu sistem tendon dan ligamen yang mendukung mereka untuk dapat tidur dan bersitirahat dalam keadaan berdiri dengan waktu yang cukup lama.


3. Kuda memiliki sudut pandang hingga 360⁰

kuda dapat melihat atau menjangkau pandangannya hampir mencapai 360⁰ karena mereka memiliki mata di bagian samping kepala bukan di depan kepala, namun kuda juga memiliki tittik buta atau blind-spot yaitu di bagian depan dan belakang ekor.


4. Kuda yang baru lahir dapat langsung berlari

bayi kuda yang baru lahir dapat langsung berlari karena mereka tidak perlu berbaring untuk beristirahat, sama seperti indul mereka.


5. Dapat hidup hingga usia 30 tahun

kuda adalah salah satu hewan dengan masa hidupnya yang lama dapat mencapai setengah dari usia harapan hidup manusia yaitu 30 tahun.


6. Daya tahan nafas yang lama

hewan ini dapat menahan nafas hingga 15-20 menit saat beraktifitas normal dan 10-15 menit pada saat berlari, hal ini yang menjadikan kuda berlari dengan cepat tanpa takut kehabisan nafas.


7. Menghasilkan air liur yang banyak

Dalam satu hari kuda dapat menghasilkan air liur mencapai 10 liter, atau sekitar 1 galon dan 100 hari pada manusia untuk mengumpulkan air liur yang sama banyaknya.


Baca juga : 7 hewan mistik yang dipercaya oleh orang batak


8. Kuku kuda berbahan sama dengan kuku manusia

ternyata manusia dan kuda memiliki kesamaan yang cukup mengejutkan, yaitu : kuku, rambut kuda berbahan sama dengan kuku dan rambut manusia, hal inilah yang kemudian mencetuskan nama kuncir kuda pada style rambut wanita yang memang hampir mirip dengan rambut atau kuncir kuda.


9. Daging kuda dapat di konsumsi

sama seprti hewan ternak lainnya daging kuda juga dapat di konsumsi dan tentunya aman dan sehat, dari segi rasa, tekstur dan aroma daging kuda lebih mirip seperti daging rusa mungkin karena disebabkan faktor pekerjaan fisik yang mereka lakukan.


10. Di sumatera utara terdapat daerah penghasil daging kuda

Di daerah sumatera utara terdapat daerah yang memelihara kuda sebagai sumber pedaging bahkan hal itu menjadi sumber pencaharian mereka, daerah tersebut adalah humbang hasundutan lebih tepatnya dolok sanggul. Disini hampir semua orang memiliki ternak kuda, selain menjual  daging kuda mentah daerah ini pun banyak mengolah dan menjual daging kuda yang nikmat.


Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel berikut adalah kuda merupakan hewan yang kuat dengan berbagai keistimewaan alami yang luar biasa, mungkin tidak semua hewan memiliki hal demikian karena setiap hewan pasti memiliki ciri khasnya masing-masing.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url