5 komplikasi yang disebabkan oleh penyakit asam lambung

Komplikasi Asam lambung


Penyakit,  surelnews
Com - asam lambung memang sudah menjadi penyakit yang bisa dikatakan hampir semua orang pernah merasakannya, termasuk anak-anak dan orang dewasa tidak memandang umur. Asam lambung sendiri terjadi akibat meningkatnya kadar asam amoniak dalam lambung yang menyebabkan beberapa komplikasi.

5 komplikasi yang disebabkan oleh penyakit asam lambung


Berikut kami jelaskan beberapa penyakit komplikasi yang disebabkan oleh asam lambung.

1. Tukak lambung

Tukak lambung adalah luka atau pendarahan yang terjadi dalam lambung. Tukak lambung dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk meningkatnya asam pada lambung, selain itu tukak lambung juga banyak terjadi karena mengonsumsi makanan berlemak, makanan pedas dan makanan yang bersifat korosif.


2. Sakit kepala atau pusing

Selain tukak lambung penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit kepala karena terjadinya reaksi pembakaran kalori yang berlebihan sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk beristirahat. Tinggi asam lambung dapat berubah menjadi senyawa beracun yang menimbulkan rasa sakit dikepala.

3. Stres

Memang terdengar sesikit lebai apabila asam lambung menyebabkan stres namun faktanya 75 % orang yang memderita asam lambung dapat dipicu dan diperparah oleh stres yang berlebihan.

Orang yang stres tentunya akan berdampak pada pola makan yang tidak stabil inilah hal yang dipercaya dapat memperparah asam lambung tersebut.


4. Mal nutrisi

Orang dalam gangguan pencernaan akan menghambat proses metabolisme, hal ini juga terjadi pada penderita asam lambung karena orang yang terkena penyakit ini akan dengan cepat memproses makanan yang masuk kedalam lambung mereka sehingga orang yang terkena penyakit ini membutuhkan 2 kali lipat lebih banyak asupan nutrisi harian.

Mal nutrisi dapat terjadi pada penyakit ini karena makanan yang masuk kedalam tubuh habis di bakar dalam lambung dan dengan cepat di keluarkan melalui feses.

5. Darah rendah

Darah rendah adalah penyakit yang terjadi karena menurunnya kadar hemoglobin dalam darah akibat terhambatnya asupan nutrisi penting yang masuk kedalam tubuh.
Asam lambung dapat menyebabkan darah rendah, karena dalam kondisi ini makanan akan cepat terurai dalam lambung sehingga beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh akan rusak dilambung sebelum diserap keseluruhan tubuh.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah asam lambung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, dengan kata lain asam lambung yang tinggi merupakan penyakit pemicu timbulnya penyakit lain, sehingga sebaiknya kita lebih menjaga lambung kita dengan menjaga pola makan yang teratur, serta memilih makanan apa yang baik buat kesehatan lambung kita.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url