resep gulai daun ubi dan tips agar tetap hijau mudah dan simple

Gulai daun ubi


Deanfarma.com - resep gulai daun ubi, masakan yang sering di hidangkan di rumah makan padang ini memang sudah tidak di ragukan lagi karena cita rasanya yang luar biasa, semua orang mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti menyukainya.

maka dati itu kami akan mencoba memberikan salah satu resep unggulan kami mana tau dapat menjafi referensi hidangan baru bagi kalain, karena setiap resep yang berbeda pasti akan mememiliki cita rasa yang berbeda pula.


resep gulai daun ubi


di bawah juga kami akan memberikan sedikit tips cara membuat daun ubi tersebut tetap hijau tanpa menggunakan baking soda.

resep ini di kirim oleh ismy maulida sari


berikut kami jelaskan apa saja yang harus annda siapkan untuk memasak daun ubi yang enak dan tetap hijau.


Baca juga : Rujak miehun bumbu nila bakar yang nikmat dan penuh kesederhanaan


Bahan :

– 300 gram daun singkong (berat setelah di petik)

– 500 ml santan kekentalan sedang

– 500 ml air+1/2 sdt garam untuk merebus


Bumbu halus :

– 1/2 sdt merica (boleh skip/sesuai selera)- 1/2 sdt ketumbar (optional)- 3 cm kunyit- 8 buah cabe merah keriting- 7 siung bawang merah- 4 siung bawang putih- 3 butir kemiriBahan pelengkap :- 10 buah cabe rawit utuh- 5 cm lengkuas digeprek- 3 cm jahe digeprek- 1 batang serai digeprek- 2 lembar daun salam- 2 lembar daun jeruk- 1/2 gelas air- 1 sdt garam (sesuai selera)- 1 sdt kaldu bubuk (sesuai selera)- 1 sdt gula pasir (sesuai selera)- 4 sdm minyak goreng.


Cara memasak gulai daun ubi :

1. Petik daun singkong, remas perlahan, lalu cuci bersih.

2. Didihkan air, masukkan garam. Rebus daun singkong sambil sesekali di aduk.2. Setelah empuk, angkat lalu rendam di air bersih, sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air mengalir, lalu tiriskan dan peras.

3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe dan serai. Aduk agar bumbu tidak menggumpal. Kemudian tuangkan air.

4. Masukkan daun singkong dan cabe rawit. Aduk perlahan, kemudian tuangkan santan, aduk perlahan agar santan tidak pecah.

5. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Aduk lagi, tes rasa.

6. Setelah mendidih, angkat dan pindahkan dalam mangkuk, siap di sajikan.


tips agar daun ubi tetap hijau

Tips Daun singkong tetap hijau tanpa soda kue :- pastikan pilih daun singkong yang muda- remas daun singkong sebelum di rebus sampai agak layu- rebus di air yang benar-benar mendidih, di tambah garam- setelah di rebus, angkat dan rendam di air bersih sekitar 15 menit untuk menghentikan proses perebusan.


Kesimpulan

Daun singkong merupakan bahan makanan yang gampang diolah kedalan berbagai jenis masakan, bahkan anak usia dini juga dapat memasak daun ubi menjadi sajian yang enak, tanpa membutuhkan keahlian super daun singkong akan berubah menjadi masakan kesukaan keluarga ditangan orang yang tepat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url