zodiak batak yang jarang diketahui oleh orang banyak

Zodiak batak




Dean farma - surelnews.com 
– banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata dalam budaya batak terdapat juga kepercayaan terhadap zodiak batak.

Zodiak atau pormesa na sappulu dua adalah sebuah sabuk khayal langit dengan lebar 18° yang di lintasi orbit matahari, bulan dan planet-planet, terbagi ke dalam 12 bagian mewakili 12 rasi bintang yang populer di lambangkan dengan simbol-simbol mitologi hewan, namun dalam budaya batak simbol yang di gunakan tidak hanya berasal dari hewan saja namun juga ada beberapa yang berasal dari benda mati seperti batu dan iir dan lain sebagainya.

zodiak batak yang jarang diketahui oleh orang banyak

berikut kami akan coba jelaskan 12 zodiak dalam budaya batak yang mungkin dapat membantu menambah referensi keilmuan anda.


1. Marumba (9 februari – 10 maret )

Marumba adalah salah satu dari pormesa na sappulu dua yang di simbolkan dengan hudon atau dalam bahasa indonesia panci bulat yang terbuat dari besi. orang yang lahir dalam rentan waktu ini di percaya sebagai orang dengan ibgkat sosial yang tinggi dan selalu di berkahi rejeki dalam kata lain mereka tidak pernah kekurangan dalam segi materi.


2. Mena ( 11 maret – 12 maret )

Mena di lambangkan dengan simbol ikan yang di percaya sebagai kerendahan hati cenderung menghindari masalah dan di kenal pelit suka memikirkan diri sendiri.


3. Gorda ( 13 april – 14 mei )

Gorda adalah pormesa dengan orang yang lahir dalam rentan waktu 13 april – 14 mei yang di simbolkan dengan kambing,

orang yang lahir dalam rentan waktu ini di nyakini sebagai orang yang berwawasan luas dan pantang menyerah.


4. Marsoba ( 15 mei – 16 juni )

Orang yang lahir dalam pormesa ini adalah orang yang suka kebebasan, pandai merias diri, sedikit lambat namun telaten maka tidak heran apabila di simbolkan dengan kupu-kupu.


5. Nituna ( 17 juni – 18 juli )

Orang yang lahir dalam rentan waktu ini di beri simbol cacing tanah yang di percaya payah mengambil keputusan dan suka pil-plan tidak betah berada di satu tempat serta suka merasa gelisah.


6. Makara ( 19 juli – 10 agustus )

Orang yang lahir dalam rentan waktu berikut di berikan simbol kepiting melambagkan orang yang introvert merasa suka sendirian meski dalam keramaian,

halus tapi dapat menjadi berbahaya saat merasa dalam kesulitan, maka dari itu berhati-hatilah saat mereka sudah marah.


Baca juga : nama-nama bulan minggu dan hari dalam kalender batak


7. Babiat ( 11 agustus – 12 september )

Seperti namanya babiat atau dalam bahasa indonesia di sebut juga harimau maka tidak heran apabila orang yang lahir dalam rentan waktu ini di yakini sebagai orang yang tempramental, barbar dan suka merasa dirinya lebih baik serta lebih kuatdari orang lain dalam kata lain suka menindas.


8. Hania ( 13 september – 14 oktober )

Zodiak hania yang di simbolkan dengan burung adalah zodiak atau pormesa yang dipercaya sebagai orang yang baik dan suci, mereka di anggap sebagai ketulusan cinta.


9. Hau Tola (15 oktober – 16 november )

Hau tola atau pohon tola adalah simbol perjuangan , kerja keras, kesabaran sehingga orang yang berzodik ini di kenal sebagai orang yang ambisius dan mudah tersinggung.


10. Martiha ( 17 november – 19 desember )

Martiha adalah pormesa yang di lambangkan dengan batu, mendengar simbol batu kita pasti sudah dapat menebak sifat orang yang lahir pada masa ini. Batu adalah simbol orang yang keras, pemalas dan kaku.


11. Dono ( 20 desember – 16 januari )

Di simbolkan dengan air sehingga orang yang lahir dalam masa ini di percaya sebagai orang yang suka mengambil esiko , rajin diam-diam menghanyutkan karena kesombongannya yang tinggi.


12 hata – hata ( 17 januari – 8 february )

Yang terakhir adalah hata-hata yang di simbolkan dengan katak keperibadian orang yang lahir dalam rentan waktu ini adalah orang yang penakut dan gampang percaya dan tergiur dengan gombalan orang lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url