4 Bahaya menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat

berat badan


Dean farma》 berat badan yang berlebihan memang sangat meresahkan beberapa orang, selain efek samping yang ditimbulkan bagi kesehatan, obesitas juga dapat menurunkan kepercayaan diri yang dapat menimbulkan kecemasan sosial.
Sekitar 75 % orang dalam keadaan berat badan berlebihan mengalami stres dan masalah sosial, karena anggapan buruk masyarakat terhadap pengidapnya, sehingga banyak orang yang menempuh cara instan untuk menurunkan berat badannya termasuk mepakukan diet ekstrem, potong lambung, dan meminum obat diet yang tidak ada jaminan kualitasnya sama sekali.

Bahaya menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang apa saja efek buruk yang ditimbulkan apabila seseorang menurunkan beratbadannya secara ekstrem dalam waktu yang singkat.

1. Organ tubuh tidak stabil

Apabila seseorang menurunkan berat badannya dalam waktu yang singkat kemungkinan besar yang terjadi organ vital seperti ginjal, jantung, hati, empedu tidak bekerja dengan optimal, hal ini justru akan memperburuk keadaan penderita. Maka tidak heran apabila seseorang yang melakukannya kebanyakan dalam waktu 3-4 tahun akan mengalami penyakit komplikasi.

2. Gangguan pencernaan

Bagi penderita obesitas yang menggunakan obat diet untuk menurunkan berat badannya sebenarnya tidak bermanfaat secara langsung atau tidak bekerja efektif terhadap turunnya berat badan seseorang, karena apabila seseorang mengonsumsi obat diet, obat tersebut hanya akan merusak lambung dengan cara mengikisnya secara berlahan.

Cara kerja obat diet adalah melancarkan buang air besar ( obat pencahar ) seperti yang terjadi pada penderita konstipasi atau sembelit.


3. Kekurangan gizi

Kekurangan gizi pada pelaku diet ekstrem dapat terjadi karena dua hal yaitu :

1. seseorang yang melakukan diet tentunya akan mengurangi asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuhnya sehingga menjadikan tubuh kekurangan gizi.

2. Seseorang yang melakukan diet tentunya akan mengeluarkan sebagian besar nutrisi yang sudah tersimpan dalam tubuhnya seperti lemak dan gula, yang apabila tidak di berikan asupan nutrisi pengganti akan mengakibatkan kekurangan gizi.

4. Ginjal dan hati bekerja 4 kali lebih keras

Sedikit informasi bahwa ginjal dan hati memiliki fungsi yang hampir sama yaitu menyerap dan menyaring racun dalam tubuh.

Hati menyaring racun yang akan masuk dari luar tubuh dan membunuhnya dengan cara menimbulkan senyawa atau zat anti body sedangkan ginjal menyaring racun yang dihasilkan oleh proses metabolisme dalam tubuh. Yang apabila seseorang melakukan diet ekstrem tentunya hati dan ginjal bekerja 4 kali lebih keras untuk mendetoksifimasi tubuh dari racun.

Kesimpulan

Kesimpulannya belajarlah untuk melakukan suatu hal yang lebih efektif bukan asal cepat dan instan tanpa memikirkan resiko yang ditimbilulkan, tingkatkan kesabaran dan belajar menahan diri agar tidak mudah tergiur terhadap apapun termasuk makanan dan obat diet.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url