Fakta nutrisi tauge atau kecambah serta manfaatnya bagi kesehatan

Nutrisi tauge

Dean farma, surel news - nutrsi tauge
adalah tumbuhan muda yang baru saja berubah dari biji menjadi kecambah, Pada umunya kecambah memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama meski bedah varietas tanaman.

Kecambah yang paling pamiliar di indonesia adalah kecambah kacang hijau, namun semua kecambah dapat dikonsumsi contohnya, kecambah sawi, koll, brokoli dan lain sebagainya, apabila dilihat dari kandungan nutrisnya semua kecambah juga hampir memiliki jumlahdan kadar nutrisi yang hampir sama.

Fakta nutrisi tauge

Berikut kami berikan penjelasan fakta nutrisi kecambah dalam 100 gram sajian.


1. Kalori

Kecambah memiliki kalori berkisar antara 27 kkal, meski bentuknya yang mudah dan kecil ternyata tauge mengandung kalori yang lumayan tinggi.

2. Lemak

Kecambah atau toge memiliki lemak berjumlah sebesar 0,2 gram,  meskipun tidak terlalu tinggi namun cukup untuk menambah sumber lemak harian tubuh yang sudah kita dapat dari berbagai jenis makanan.

3. Natrium

Kandungan natrium pada tauge adalah 5,4 milli gram, tauge ini mungkin sedikit beresiko apabila dikonsumsi orang dengan gangguan hipertensi.

4. Karbohidrat

Kecambah cukup memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sebesar 5,4 milli gram, dapat digunakan sebagai sumber energi utama pada orang yang melakukan diet.

5. Serat

Serat pada tanaman muda ini adalah 1 milli gram, lumayan tinggi untuk ukuran tanaman kecil.

6. Gula

Hampir sama dengan kandungan karbohidrat, kecambah tauge mangandung gula sebanyak 3,7 milli gram

7. Protein

Meski tidak setinggi kandungan gula dan karbohidrat kecambah mengandung protein dengan jumlah 2,7 g

8. Zat besi

Untuk tanaman muda kandungan zat besi 0,8 milli gram dapat dikatakan jumlah yang lumayan tinggi.

9. Magnesium

Kandungan magnesium yang terkandung dalam kecambah adalah 18,9 milli gram dapat dikategorikan tinggi

10. Vitamin c 

Dalam 100 gram kecambah mengandung 54,9 mcg vitamin c hampir sama dengan 1 buah jeruk.

11. Vitamin k

Kecambah mengandung vitamin k sebanyak 29,7 mg

Manfaat nutrusi tauge untuk kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas toge memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak maka secara otomatis manfaatnya bagi kesehatan pasti juga luar biasa.

1. Menurunkan kolestrol

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa tanaman ini dapat menurunkan kolestron, tapi tidak perlu kawatir karena ini memang benar-benar bermanfaat karena kandungan vitamin c yang cukup tinggi dapat mempercepat metabolisme lemak dalam tubuh dan mencegah lemak tersebut berubah menjadi kolestrol.

2. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan macro nutrion seperti gula, karbohidrat, protein, vitamin c ini membuktikan bahwa tauge dapat dijadikan salah satu bahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang cukup murah.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

 karena tinggi akan kalium dan magnesium serta zat besi tauge dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. 

4. Dapat mencegah penyakit degeneratif

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin c dan folat dalam tauge dapat memcegah menyebarnya penyakit seperti kanker, penuaan dini, jantung, dan penyakit jaringan lainnya.

5. Mencegah kekurangan darah 

Kandungan zat besi dalam tauge dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh.

Kesimpulan

Meskipun kecambah adalah tumbuhan yang masih sangat muda ternyata mereka mempunyai khasiat yang luar biasa, maka dari itu kita jangan pernah meremehkan hal-hal kecil karena mungkin hal tersebut sangat berdampak besar bagi kehidupan dan masa depan kita.
Tetaplah menghargai setiap langkah kecil karena tanpa langkah awal yang kecil manusia tidak akan pernah mendapatkan langkah yang besar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url