Obat darah tinggi, amlodipine serta cara kerja obat.

amlodipine


Dean farma - surelnews.com -amlodipine 
 adalah obat darah tinggi yang mampu menurunkan tekanan darah.

Obat darah tinggi, amlodipine serta cara kerja obat.


Agar lebih mudah anda pahami berikut kami jelaskan secara rinci apa yang harus kamu ketahui tentang amlodipine.


Komposisi utama :

Amlodipine 5 tab : tiap tablet mengandung 
Amlodipine besilet 6,930 mg setara dengan amlodipine  base 5 mg
Amlodipine besilate 10 tablet : tiap tablet mengandung amlodipine besilate 13,875 mg setara dengan amlodipine base 10 mg


Cara kerja obat


Amlodipin memiliki dua cara kerja obat yaitu antara lain :

1. Cara kerja farmakodinamik :


  • Amlodipine merupakan antagonis kalsium ( antagonis ion kalsium )dan menghambat influks (masuknya) ion kalsium melalui membran kedalam otot polos vaskular dan otot jantung. Mekanisme yang tepat pada amlodipine yaitu mengurangi angina yang belum sepenuhnya ditentukan, tetapi amlodipin mengurangi beban ischernic total dengan dua tindakan berikut .
  • Amlodipin melalui arterior perifer, sehingga dapat menurunkan resistensi ferifer total (afterload) terhadap kerja jantung. Karen amlodipine tidak mengurangi denyut jantung, pengurangan beban jantung akan menyebabkan penurunan kebutuhan oksigen miokardial serta kebutuhan energi.
  • Mekanisme tindakan amlodipine juga melibatkan dilatasi dari penyempitan arteri koroner meningkatkan pengiriman oksigen ke miokard pada pasien dengan kejang arteri koroner

2. Cara kerja obat farmakokinetik


  • Amlodipin diabsorbsi secara bertahap pada pemberial peroral , konsentrasi puncak dalam plasma dicapai dalam waktu 6-12 jam. Biovaibilitas amlodipin sekitar  64-80 %, volume distribusi sekitar 21 i/ kg sedangkan absorpsinya tidak berefek pada makanan
  • Biotransisi / eleminasi : waktu paruh dari eliminasi obat dalam plasma berkisar 35-50 jam untuk penggunaan satu kali sehari. Dalam kondisi stabil , dosis obat dalam plasma berlangsung setelah 7-8 hari . Amlodipin secara ekstensif dimetabolisme oleh hati untuk metabolit bersama 10 % dari metabolit aktif dan 60 % dari metabolite pasif dieksresikan dalam urin.

Indikasi obat

  • Amlodipine diindikasikan untuk pengobatan garis pertama dari hipertensi dan dapat digunakan sebagai bahan tunggal untuk mengontrol tekanan darah pada sebagian besar pasien.
  • Amlodipine diindikasikan untuk pengobatan garis pertama dari iskemia miokard, karena obstruksi fixed ( angina stabil) dan vasospasme / vasokontriksi ( prinzmentasls atau angina varian ) dari pembuluh darah koroner.
  • Amlodipin dapat digunakan dimana gambaran klinis menunjukkan komponen vasosopastic / vasoconstrictive belum dibuktikan , amlodipin dapat digunakan sendiri sebagai monoterapi , atau dalam kombinasi dengan obat lain pasien rawat inap antianginal dengan penyakit angina yang tahan pada nitrat dan memadai dosis beta-blokers.

Dosis :


Dosis awal biasanya diberikan 5 mg sati kali sehati dan dapat ditingkatkan hingga dosis maksimal 10 mg.

Efek samping

Efek sampin paling sering terjadi adalah sakit kepala, mengantuk, edema, kelelahan, nyeri perut, palpitasi dan pusing.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url