Jaga kesehatan hati dengan konsumsi makanan berikut

kesehatan hati

Dean farma - kesehatan hati sering di lupakan, disaat seseorang berusaha hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olah raga, namun kesehatan hati sering dianggap remeh dan seolah tidak dianggap.
Padahal sama seperti organ lain seperti ginjal, otak, usus, dan jantung,  hati juga mempunyai peran yang siknifikan bagi kesehatan.

Fungsi hati sendiri hampir sama seperti ginjal namun memiliki sedikit perbedaan.

Jaga kesehatan hati dengan konsumsi makanan berikut


Pada dasarnya semua makanan baik untuk dikonsumsi selagi makanan tersebut berbahan alami serta dimasak sendiri, selain lebih hemat makanan yang disiapkan sendiri pasti lebih aman karena tentunya kita akan menjaga bahan-bahan yang terbaik untuk diolah.

Tidak seperti makanan siap saji yang bahkan bahan utamanya kita tidak tahu dari mana asal usulnya dan bagaimana keadaan bahan makanan tersebut sebelum diolah dan bahan apa saja yang ditambahkan dengan makanan itu.

Untuk menjaga hati tetap sehat berikut kami sarankan makan yang baik di konsumsi.

1. Makanan tinggi serat

Hati adalah organ yang berfungsi mendeteksi racun yang masuk kedalam tubuh dan membunuhnya menggunkan senyawa yang diproduksi didalam hati.

Semakin tinggi racun didalam tubuh manusia yanh berasal dati liar tubuh maka semakin berat pula pekerjaan hati.

Serat dalam usus membantu mengeluarkan racun dari pencernaan sebelum terdeteksi oleh hati.

Contoh makanan tinggi serat :
  • Sayur - sayuran hijau
  • Kacang - kacangan

2. Protein tanpa lemak

Untuk menjaga hati tetap sehat hati membutuhkan protein yang tinggi, namun terkadanh kandungan lemak didalamnya justru dapat merusak hati, sehingga kita disarankan untuk mengonsumsi protein hewani yang rendah lemak.

Contohnya : ayam kampung, daging sapi tanpa lemak, dan lain sebagai.

Untuk menjaga daging tetap baik dikonsumsi sebaiknya kita mengolahnya tidak terlalu lama dengan bumbu atau rempah yang berlebihan seperti minyak dan kelapa atau santan.

3. Minyak dari kacang - kacangan

Minyak kacang- kacangan di sinyalir mengandung vitamin E yang tinggi serta dapat mencegah penyakit hati berlemak non alkohol ( NAFLD )

Contoh minyak nabati baik :
  • Minyak biji wijen
  • Minyak bunga biji matahari
  • Minyak zaitun
  •  Dan lain sebagainya

4. Kopi dan teh

Kopi dan teh adalah minuman yang mengandung cafein tinggi yang dipercaya mampu membersihkan hati dari racun berbahaya. Karena efeknya yang dapat membakar lemak, cafein akan membersihkan hati dari lemak sehingga menghindari penyakit hati berlemak.

Kesimpulan

Janganlah kesehatan hati dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi, sebaiknya siapkan makanan keluarga sendiri dengan tangan anda apabila anda tidak menginginkan mereka mengalami gagal ginjal dan gagal hati.

Makanan yang tidak sehat menjamin 100 % tubuh yang tidak sehat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url