Penyakit hati atau liver genetik yang dapat diwariskan kepada anak

liver genetik


Dean farma - sebelumnya kita sudah membahas beberapa penyakit hati yang dapat menyerang manusia, kini kita akan mencoba membahas penyakit liver genetik yang diturunkan atau diwariskan orang tua ke anaknya.

Penyakit hati atau liver genetik yang dapat diwariskan kepada anak


Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui bahwa ternyata ada beberapa penyakit hati atau liver yang dapat diwariskan oleh orang tua terhadap anaknya, apa saja itu mari kita bahas


1. Hemachromotosis 

Adalah kelainan bawaan dimana penderitanya menyimpan terlalu banyak zat besi didalam tubuh yang pada umumnya berasal dari makanan. Zat besi yang berlebihan ini biasanya tidak dapat diabsorbsi didalam tubuh apabila terlalu banyak.
Gejala hemachromotosis biasanya memiliki kesamaan dengan orang yang mengidap penyakit kelebihan zat besi pada umumnya.

2. Hiperoksaluria

Kelainan dimana urin terlalu banyak kandungan oksalat, yang berartian hati memproduksi terlalu banyak oksalat karena mutasi genetik. Oksalat yang berlebih dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir secara normal

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh tingginya asam oksalat dalam tubuh yaitu : asam urat atau reumatik, gagal ginjal, batu empedu dan masih banyak lagi. Hal ini diakibatkan asam oksalat mengikat garam dalam tubuh sehingga terjadinya pengkristalan dalam pembuluh darah.

3. Wilson

Kelainan yang menyebabkan tembaga menumpuk didalam hati yang muncul pada usia 6 tahun sampai dengan 35 tahun atau remaja. Penyakit ini dapat menyebabkan masalah saraf dan kejiwaan.

4. Defisiensi antitripsin alfa-1

Melibatkan bahan kimia yang membantu paru-paru melawan infeksi, namun apabila jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan gagal hati. Pada saat tubuh diserang kuman penyebab penyakit maka hati bertugas memproduksi sel antibody yang berfungsi untuk membunuh kuman tersebut.

Namun dalam beberapa kejadian anti body tersebut diproduksi terlalu banyak sehingga justru dapat menyerang tubuh kita sendiri.

Penyebab penyakit hati lainnya

  • Penyalagunaan alkohol : dapat menyebabkan sirosis
  • Sirosis adalah penumpukan bekas luka dihati
  • Overdosis obat asetaminofen
  • Hati berlemak non alkohol ( NAFLD )  keadaan dimana lemak terlalu banyak dalam hati.
Salah satu jenis NAFLD adalah steatohepatitis nonalkohol ( NASH )

Kesimpulan

Penyakit warisan adalah penyakit yang diturunkan oleh orang tua terhadap anaknya, terkadang orang tua yang terlihat sehat dapat menjadi pembawa genetik yang salah terhadap anak.

Penyakit genetik pada umunya tidak dapat disembuhkan dengan metode apapun karena disebutkan oleh sistem genetik yang sudah terprogram demikian sejak dalam kandungan, meskipun demikian kita tidak perlu terlalu khawatir karena setiap penyakit pasti dapat ditekan gejala dan akibatnya, cukup lebih berhati-hati terhadap apa yang kita konsumsi. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url