15 penyakit tulang yang dapat menyerang anak dan orang tua

penyakit tulang


Dean farma - tulang merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalan pergerakan manusia, apabila tulang bermasalah dapat dipastikan semua aktivitas kita akan berantakan.

15 penyakit tulang yang dapat menyerang anak dan orang tua


Berikut kami jelaskan 15 penyakit yang dapat menyerang tulang baik bagi orang tua dan bahkan anak-anak

1. Spondilitis ankilosa

Spondilitis ankilosa merupakan radang sendi yang menyerang tulang bagian belakang yang dapat menyebabkan kemerahan, panas, bengkak, serta nyeri pada tulang.

2. Radang sendi ( artritis )

Radang sendi adalah peradangan yang menyebabkan nyeri dan kekakuan pada sendi.
Penyakit ini pada umunya menyerang orang tua lanjut usia walau terkadang anak muda juga mengalaminya.

3. Autoimun 

Auto imun merupakan penyakit yang disebabkan oleh auto anti body menyerang bagian jaringan sehat tubuh tanpa sengaja yang menyebabkan tubuh memberikan signal untuk menyerang jaringan tersebut.
Jika jaringan yang diserang adalah jaringan sehat tulang maka jaringan yang akan dirusak adalah jaringan tulang.

4. Autoinflamasi

Autoinflamasi merupakan sel kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat dan mengakibatkannya ruam, rusak , bengkak pada sendi atau inflamasi serta melonjaknya suhu tubuh.

5. Encok

Merupakan radang sendi yang disebabkan menumpuknya kristal asam urat dibagian tubuh tertentu sehingga menyebabkan tubuh terasa nyeri dan kaku.

6. Artritis idiopatik remaja ( JIA)

JIA merupakan radang sendi yang menyerang anak-anak, pada umunya menyerang anak perempuan pra menstruasi.
Namun juga dapat terjadi pada anak laki-laki akibat kelelahan.

7. Penggantian tulang pinggul

Penggantian tulang pinggul dapat dilakukan apabila tulang pinggul mengalami kerusakan seperti retak dan patah tulang sehingga diganti dengan tulang pinggul buatan.

8. Osteoartritis

Osteoartritis adalah penyakit yang merusak pelumas yang terdapat dalam sendi sehingga membuat dua tulang saling bergesekan, sehingga mengakibatkan nyeri, bengkak, dan susah digerakkan.

9. Polymyalgia rheumatica dan giant selaeteritis

Polymyalgia rheumatica (PMR) adalah penyakit yang menyebabkan nyeri serta kekakuan di otot, bahu lengan atas, area bokong dan leher.

Giant cell artritis (GCA) adalah nyeri reumatik yang menyebabkan sakit kepala, nyeri kulit kepala , nyeri dirahang dan masalah di mata.

10. Artritis psoriatis

Hal ini sama seperti bercak merah dan putih bersisik pada kulit ( prosiasis) namun terletak didalam tulang , ini sangat berpengaruh terhadap air dan sendi dimana jaringan menempel pada tulang.

11. Artritis reaktif

Adalah nyeri dan pembengkakan sendi yang disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai dengan mata merah, bengkak, dan saluran kemih bengkak.

12. Artritis reumatoid

Gejala penyakit yang menyerang lebih dari satu sendi, yang memyebabkan nyeri dan bengkak pada tulang, pada sebagian orang demam juga sering terjadi.

13. Skleoderma

Adalah reumatik yang menyerang kulit serta mengakibatkannya menjadi kaku, keras dan kecang, namun juga dapat membahayakan pembuluh dara yang melekat pada kulit.

14. Sindrom sjogren

Penyakit yang menyerang gelenjar yang berfungsi memberikan kelembapan pada tubuh, penyakit ini lebih sering menuerang mulut dan mata.

15. Lupus eritematosus sistemik (lupus)

Adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh yang seharusnya diciptakan tubuh untuk melindungi tubuh justru malah menyerang jaringan yang sehat sehingga menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Kesimpulan

Tulang merupakan bagian tubuh yang bertugas untuk tempat melekatkan daging serta sebagai pelindung organ dalam tubuh, apabila tulang sudah merasa sakit maka sakitlah seluruh tubuh.

Karena tulang terletak menempel dengan daging atau otot maka tidak heran apabila terkadang daging atau otot juga merasakan dampak kesakitan yang disebabkan oleh meradangny tulang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url