9 manfaat Buah zaitun, buah yang disebutkan paling banyak dalam Al'quran

buah zaitun


Dean farma - surelnews.com - buah zaitun adalah tumbuhunan palawija yang banyak ditemukan didaerah padang tandus, meski demikian buah zaitun sangat kaya akan nutrisi yang bermanfaat baik bagi kesehatan.

9 manfaat Buah zaitun


Buah yang satu ini disebut paling banyak dalam al'quran yakni sebanyak 7 kali.

Berikut kami jelaskan 9 manfaat buah zaitun buah yang disebutkan paling banyak dalam Al'quran bagi kesehatan.

1. Tinggi anti-oksidan

Makanan yang tinggi akan anti-oksidan dipercaya dapat menyangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, sehingga akan menghambat pertumbuhan penyakit kronis, seperti : kanker dan penuaan dini

2. rendah kalori

Buah zaitun memiliki kalori yang cukup rendah berkisar antara 7 - 8 kalori / 100 gram buah, sehingga baik untuk orang yang menjalankan diet.

3. Memelihara kesehatan jantung

Buah zaitun mengandung asam lemak jenuh tunggal sebesar 75 % dari seluruh kandungan lemaknya, dan sekitar 11 % kandungan asam lemak omega 6 dan omega 3 yang dapat memelihara kesehatan jantung.

4. Dapat meningkatkan kecerdasan dan menurunkan stres

Buah zaitun mengandung zat kimia alami bernama polifenol yang dapat mengurangi stres ogsidatif di otak.

Pada penelitian oleh ilmuwan tahun 2013 yang dilakukan kepada tikus di temukan polifenol dapat meningkatkan kadar protein atau yang lebih dikenal dengan neutropin faktor pertumbuhan saraf ( NGF ) DAN faktor neutropika yang diturunkan dari otak (BDNF)

5. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah zaitun bermanfaat untuk menyangkal sinar uv terkena langsung dengan kulit manusia.
Serta vitamin A dalam kandungan buah zaitun bermanfaat untuk menetralkan Ph kulit agar kulit tetap lembab dan sehat.

6. Mengendalikan nafsu makan

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam buah zaitun dapat memperlambat proses pencernaan sehingga berdampak pada pengendalian nafsu makan, semakin lama seseorang merasa kenyang maka semakin baik bagi pencernaan.

7. Bersifat anti-inflamasi

Buah zaitun mengandung senyawa kimia yang bernama oleocanthal yaitu senyawa anti-inflamasi yang baik untuk penyembuhan luka dan trauma benturan. cara kerja olecanthal ini sama seperti cara kerja ibuprofen.

8. Mengandung probiotik

Probiotik berfungsi untuk membersihkan pencernaan dari berbagai kotoran yang kedalam lambung, probiotik juga dapat memicu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh sehingga akan menekan pertumbuhan bakteri jahat.

9. Kaya akan serat

Serat bermanfaat melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit karena serat dapat mengatur konsistensi feses, selain itu serat juga  dapat menunda lapar.

Kesimpulan

Mengonsumsi buah zaitun dalam porsi yang tepat dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kecantikan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url