Benarkah makanan bertepung dapat menyebabkan auto-imun ?

makanan bertepung

Dean farma- makanan bertepung adalah makanan berbahan protein dan karbohidrat yang dihaluskan, makanan ini biasanya memiliki kandungan gluten yang tinggi contohnya tepung terigu atau tepung roti.

Hubungan antara makanan bertepung dan auto-imun


sebelum membahas apakah makanan bertepung dapat menyebabkan auto-imun sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu auto-imun.

Pengertian auto-imun

Auto-imun adalah keadan dimana sistem kekebalan tubuh manusia menyerang jaringan tubuh yang sehat menyebabkan jaringan tubuh tersebut sakit.

Secara ilmiah penyebab utama auto-imun belum dapat di pastikan karena masih butuh penelitian lebih mendalam.


Faktor penyebab auto-imun

Meskipun penyebab utama auto-imun belum dapat dipastikan namun beberapa ahli penyakit dalam dan genetika mengutarakan bahwa penyebab yang paling memungkin terjadinya auto-imun adalah faktor genetik.

Contoh penyakit auto-imun yang sering terjadi

  • Lupus
  • Alergi
  • Biduran
  • Asam urat dan reumatik
  • Penyakit kulit
  • Dan masih banyak lagi.


Sekarang waktunya kita menjawab apakah makanan bertepung dapat menyebabkan auto imun ?

Sebenarnya makanan tidak dapat menyebabkan penyakit auto-imun namun dapat menjadi faktor pemicu penyakit itu semakin parah.

Contohnya :

Seseorang yang alergi dengan ikan gembung menyebabkan dia terkena auto-imun namun bukan berarti ikan gembung adalah penyebab auto-imun karena banyak orang yang makan ikan gembung tapi tidak terkena penyakit auto imun.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa makanan bertepung tidak dapat menyebabkan auto-imun namun dapat menjadi faktor pemicu bagi beberapa orang, sehingga pederita auto-imun sering disarankan untuk menghindari makanan pemicu tersebut.

Note :
Alergi termasuk kedalam penyakit genetik

Makanan pemicu auto-imun

Berikut kami berikan beberapa contoh makanan yang rentan memicu penyakit auto imun menyerang manusia dan dapat memperparah penyakit tersebut.
  • Gorengan termasuk mie yang melalui proses penggorengan
  • Makanan laut : kerang, udang, ikan tongkol, kepiting
  • Telur, susu termasuk olahan susu seperti keju, yogurt.
  • Kacang-kacangan.
Dengan catatan orang tersebut masuk kedalam orang yang rentan atau memiliki panyakit alergi bawaan.

Kesimpulan

Kesimpulannya semua makanan itu baik dalam porsi yang pas serta di konsumsi oleh orang yang tepat,  makanan yang sehat dan tinggi nutrisi juga dapat menjadi penyebab penyakit apabila dikonsumsi oleh orang yang tidak tepat.

Contohnya : ikan salmon yang tinggi protein dan omega 3 dapat menjadi racun bagi orang yang alergi terhadap makan yang tinggi protein serta alergi terhadap makanan tinggi kandungan lemak asam amino yang tinggi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url