4 Manfaat daun jambu biji yang terbukti secara ilmiah, salah satunya mengobati diare.

Daun jambu biji

Dean farma, surel news-
Daun jambu biji ternyata tidak kalah apabila dibandingkan dengan mengonsumsi buahnya, kebanyakan orang mungkin sudah tidak heran lagi bahwa buah jambu biji memiliki manfaat yang sangat tinggi , tapi tahu kah kamu bahwa daunnya pun sangat berkhasiat bagi kesehatan?

Ternyata sudah sejak lama daun jambu biji dijadikan sebagai obat diare didaerah samosir dan sekitarnya bahkan daun ini sudah menjadi obat tradisional suku batak.

Manfaat daun jambu biji

Untuk informasi lebih jelasnya kami akan memaparkan 5 manfaat daun jambu biji, dibawah ini.


1. Mengobati diare atau infeksi usus

Seperti yang sudah kami paparkan diatas bahwa daun jambu biji sudah menjadi obat diare tradisional di sumatera utara terutama didaerah pedalaman.

Kandungan tinggi serat dan pektin didalamnya mampu mengatur tekstur kepadatan feses yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Daun jambu biji juga mengandung antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab diare dalam usus.

Secara tidak langsung daun jambu biji juga dapat menyembuhkan penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diare contohnya demam, dan nyeri perut serta nyeri haid.

2. Mengontrol penyakit kardiovaskuler

Antioksidan yang tinggi dalam daun jambu biji dipercaya mampu menangkal serangan radikal bebas yang berhubungan dengan tingginya tekanan darah, seperti yang terdapat pada orang perokok dan pengonsumsi garam, gula, dan lemak yang berlebihan. Dimana kita tahu bahwa diabetes,kolestrol,dan hipertensi sangat berhubungan erat dengan LDL (lemak jahat) dan HDL (lemak baik) yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler.

Orang dengan Konsumsi gula, garam, lemak serta perokok aktif dimana ini merupakan salah satu contoh radikal bebas akan sangat besar kemungkinan terkena penyakit kardiovaskuler, seperti : jantung, stroke, dan hipertensi.

3. Mencegah penyebaran kanker dalam tubuh

Kanker adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya radikal bebas didalam tubuh . Sama halnya dengan penyakit kardiovaskuler, kanker juga membutuhkan antioksidan untuk mencegah radikal bebas tersebut menumpuk dalam waktu yang lama.

Asap rokok yang menumpuk dalam paru-paru inilah yang dikhawatirkan dapat berubah menjadi kanker.

4. Membantu menurunkan berat badan

Pencernaan yang sehat dan bersih akan membantu kita mengontrol berat badan yang ideal, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa daun jambu biji mengandung serat yang tinggi sehingga mampu memperbaiki pencernaan dengan membantu usus mengeluarkan kotoran bersamaan dengan serat pangan tak larut didalamnya.

Cara kerjanya ialah, serat pangan tak larut tadi mengikat kotoran dalam usus dan membantunya keluar dari tubuh secara mudah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url