5 Penyebab utama gagal ginjal, ternyata obat bukan penyebab gagal ginjal paling tinggi

Penyebab utama gagal ginjal

Dean farma, surel news -
gagal ginjal adalah tidak berfungsinya ginjal secara optimal, atau rusaknya organ ginjal sehingga mengakibatkan melemahnya fungsi ginjal.

Penyebab utama gagal ginjal


Ginjal adalah organ terakhir yang berfungsi menyaring dan menyerap racun yang hendak keluar melalui feses dan urin.

Apabila ginjal tidak mampu lagi menyaring racun dan sisa kotoran dalam tubuh, maka lama-kelamaan racun tersebut akan menumpuk dalam tubuh, sehingga akan memicu timbulnya penyakit komplikasi.

Berikut kami jelaskan beberapa penyebab terjadinya gagal ginjal

1. Makanan berpengawet

Makanan berpengawet adalah segala makanan yang telah diawetkan menggunakan bahan pengawet yang bertujuan memperpanjang masa kelayakan suatu makanan.

Selain dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh ternyata efek jangka panjang mengonsumsi makanan kemasan yang berpengawet dapat menyebabkan gagal ginjal.

2. Makanan tinggi garam

Asupan garam meningkatkan jumlah protein dalam urin yang merupakan faktor resiko utama berkembangnya penyakit ginjal dan kardiovaskuler.

Orang dengan Tekanan darah yang tinggi, serta infeksi saluran kemih lebih berpotensi terkena serangan batu ginjal, dimana seperti yang kita ketahui bahwa garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam ginjal.
 
Jika jumlah garam dalam tubuh terlalu banyak dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah kapiler, serta apabila jumlahnya berlebihan dalam ginjal akan mengakibatkan pengkristalan garam, hal inilah yang menyebabkan batu ginjal.

3. Makanan tinggi pemanis sintesis

Menurut penelitian mengonsumsi gula meningkatkan ckd, kadar asam urat, diabetes dan obesitas. 5 studi epidemiologi telah mengevaluasi secara langsung hubungan antara konsumsi gula terutama dalam bentuk minuman manis dan ckd. Dimana apabila kadar asam urat dalam ginjal menumpuk Alan meningkatkan resiko terkenanya batu ginjal.

4. Minuman bersoda ( soft drink )

Minuman bersoda atau soft drink adalah minuman yang tinggi akan gula dan cafein, apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan gagal ginjal, berat badan meningkat serta menurunkan fungsi hati.

5. Obat

Obat seringkali dianggap sebagai penyebab gagal ginjal paling tinggi, namun ternyata obat hanya mengakibatkan sekitar 7 % dari total keseluruhan orang yang terkena gagal ginjal.

Memang obat tertentu apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat merusak ginjal secara berlahan. Namun obat tidak dapat merusak ginjal secara spontan apabila ginjal tersebut tidak memiliki masalah kerusakan sebelumnya.

Terkadang obat hanya dapat memperparah ginjal yang sudah rusak.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url