Pengertian dan penyebab kemandulan pada pria dewasa

Kemandulan pada pria

Penyakit,
kemandulan adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat memperoleh keturunan karena berbagai kondisi kesehatan.

Pada pria kemandulan biasanya disebabkan karena kurangnya kualitas dan kuantitas sperma sehingga tidak dapat dibuahi oleh sel telur.

Penyebab utama kemandulan

Kemandulan pria tidak dilihat apakah saat ejakulasi keluar sperma atau tidak namun apakah kualitas dan jumlahnya mencukupi.

Secara umum kemandulan pada pria ada dua kriteria utama yaitu :


a. Sperma berkualitas rendah

Meski jumlah sperma yang telah memenuhi kriteria namun apabila kualitasnya yang rendah sangat mempengaruhi apakah dapat dibuahi sel telur atau tidak.

Sperma dengan kualitas rendah dapat diamati secara langsung meski untuk hasil yang lebih akurat harus melakukan test uji sperma terlebih dahulu.

  1. Sperma yang baik dengan kualitas tinggi biasanya berwarna putih kelabu kental dengan aroma semerbak pandan
  2. Sperma dengan kualitas rendah berwarna coklat cerah, putih cenderung abu-abu, hitam dan encer.
  3. Sperma yang berkualitas apabila ditampung setidaknya memenuhi 1 sendok makan atau lebih ( 2ml paling sedikit ).

b. Jumlah sperma cukup rendah

Jumlah sperma yang normal sekali ejakulasi berkisar antara 20 juta hingga 200 juta sel sperma apabila kurang dari itu cenderung sulit dibuahi oleh sel telur wanita.

Jumlah sperma tidak bisa di lihat secara kasat mata sehingga harus melalu test di laboratorium.

Penyebab kemandulan pada pria


Setiap pria mengalami gejala dan penyebab yang berbeda sehingga tidak dapat dipastikan secara spesifik, namun hal ini dapat dijadikan sebagai rujukan.


1. Kurangnya asupan gizi

Penyebab utama kemandulan ialah kurangnya asupan gizi baik dari protein, karbohidrat dan lemak, nutrisi makro seperti ini sangat dibutuhkan oleh pria yang sedang menjalakan program hamil.

2. Pemabuk dan perokok

Orang dengan kedaan seperti ini rentan mengalami kemandulan karena radikal bebas yang terdapat dalam rokok dapat merusak sperma atau kesuburan.

3. Faktor usia

Faktor usia cukup sering menjadikan seorang pria susah untuk mendapatkan keturunan ditambah pola hidupnya dimasa mudah yang kurang sehat.

4. Terlalu sering ejakulasi

Ejakulasi pada pria yang belum menikah sebaiknya dilakukan 3 kali dalam seminggu karena apbila terlalu sering dapat menyebabkan infeksi saluran kemih hal ini sering mengurangi kualitas sperma.

5. Tingkat Stres yang tinggi

Aktivitas yang berlebihan sering memicu terjadinya stres sehingga secara tidak langsung akan menurunkan performa dan kesehatan laki-laki, hal ini pun berhubungan erat dengan kualitas sperma.

6. Penyakit penyerta

Penyakit penyerta seperti kolestrol, diabetes, asam urat, gagal ginjal, jantung, tbc dapat menjadi pemicu menurunkan kesuburan pria.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url