Tanaman yang mengandung antibiotik alami, dan cara mengolah

Antibiotik alami

Dean farma, surel news- antibiotik alami
 adalah anti bakteri yang dihasilkan langsung oleh tumbuhan tanpa proses pengolahan terlebih dahulu, sebenarnya antibiotik dapat dihasilkan oleh beberapa tanaman secara alami.

A. Tanaman yang mengandung antibiotik alami


Untuk mencegah ketergantungan antibiotik kami akan mencoba menjelaskan beberapa tanaman yang dapat menghasilkan antimikroba.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini kami jelaskan lebih seksama untuk anda, smoga dapat membantu.



1. Bawang putih

Sejak lama bawang putih memang sudah dikenal dengan khasiatnya yang luar biasa, salah satu senyawa antibiotik alami yang dimiliki bawang putih adalah allicin.

Alicin sendiri berfungsi menyerang sistem kekebalan bakteri sehingga menyebabkan bakteri tersebut lumpuh untuk sementara.

Cara mengolah bawang putih


Cara mengolahnya adalah dengan menjadikan bawang putih menjadi ekstrak rebusan yang dikonsumsi 1 sendok teh tiga kali sehari.

2. Jahe

Sama seperti bawang putih jahe juga memiliki kandungan Alicin yang lebih tinggi, rasa panas yang ditimbulkan saat mengonsumsi jahe dan bawang putih dipercaya disebabkan oleh senyawa Alicin.

Cara mengolah jahe

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal sebaiknya jahe diekstrak menjadi bubuk dan saat ingin mengonsumsinya diseduh 1 sendok teh per 100 milli liter air, 2 kali sehari.


3. Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa kimia Allyl sulpides yang bersifat sebagai antimikroba, Allyl sulpides bekerja dengan cara menghentikan penyebaran dengan cara memblokir jangkauan bakteri.

Cara mengolah cengkeh

Konsumsi 1 butir cengkeh setiap hari dengan cara mengunyah  atau menghisap secara berlahan, khasiatnya akan terasa setelah minimal 3 hari.

4. Oregano

Oregano adalah salah satu tumbuhan gulma yang sering dianggap remeh karena sering tumbuh disekitaran tanaman utama dan merusaknya, tanaman ini mengandung senyawa ajoenes yang bersifat antimikroba.

Cara menjadikan obat

Apabila anda mengalami alergi seperti ruam, kamu bisa mencoba dengan cara mengoleskan cairan yang dihasilkan oleh oregano ke kulit dan lihat hasilnya dalam beberapa jam.

5. Daun minta


Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara daun mint dan oregano karena memang mereka berasal dari keluarga yang sama.

Cara penggunaanya sebagai obat anti alergi juga sama, jadi kamu bisa mengikuti langkah nomor 4.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url