Apakah air hujan aman dikonsumsi, dan bagaimana cara mengolahnya?

Air hujan


Lingkungan, air hujan yang turun dari langit merupakan hasil uapan dari air tanah yang menguap karena panas matahari.

Apakah air hujan aman dikonsumsi

Secara ilmiah semua air yang ada di bumi ini  sudah pernah mengalami yang namanya penguapan atau dengan kata lain semua air di bumi sudah pernah menjadi hujan.


Jika ditanya apakah air hujan aman dikonsumsi ? Jawabnya ada dua versi yaitu :

  1. Tidak! : Air hujan tidak dianjurkan untuk diminum secara langsung tanpa melalui proses.
  2. Aman! : Air hujan akan aman dikonsumsi apabila sudah melalui beberapa proses, seperti yang akan kita bahas di bawah nanti.

Air hujan mengandung partikel bebas

Sebelum hujan turun, air tersebut harus melewati partikel-paetikel kecil yang berada di langit, seperti debu, besi, asap pabrik maupun kendaraan, partikel partikel ini akan bersatu dengan air hujan dan turun bersama-sama sampai akhirnya ada di penampungan.

Partikel bebas ini apabila masuk kedalam tubuh dikawatirkan akan menimbulkan beberapa gejala penyakit, seperti diare, muntah, demam atau penyakitbperadangan pencernaan lainnya.

Cara mengolah air hujan agar aman konsumsi


Berikut ini kami jelaskan cara mengolah air hujan agar aman dikonsumsi.


1. Endapkan air hujan


Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengendapkan air hujan di wadah yang bersih selama 24 jam setelah ditampung, hal ini bertujuan agar partikel yang turun bersamaan dengan air hujan akan mengendap kedasar penampungan.

2. Pindahkan air kewadah yang baru.

Berikutnya pindahkan air hujan tersebut dengan menggunakan  kain sebagai penyaring tanpa harus mengganggu partikel  bebas di bawah yang sudah mengendap, lakukan secara berhati-hati, lebih baik apabila penyaringan dilakukan menggunakan penyaring air otomatis.

3. Endapkan kembali sebelum dimasak

Air yang kita saring tadi kita endapkan kembali beberapa jam sebelum dimasak, untuk mencegah adanya partikel yang lolos dari penyaringan.

4. Rebus air hingga matang terlebih dahulu

Jangan pernah mengonsumsi air hujan secara langsung tanpa melalui proses pematangan untuk mencegah bakteri masuk kedalam tubuh.

Air dikatakan matang apabila suhu air tersebut telah mencapai kurang lebih 120⁰C.

Kesimpulannya

Kesimpulannya adalah air hujan dapat dikonsumsi apabila melalui proses pengendapan dan pematangan, semoga membantu sekian terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url